5 Hal Tentang Creatine yang Perlu Anda Ketahui

5 Hal Tentang Creatine yang Perlu Anda Ketahui

Metroterkini.com - Bagi Anda yang ingin tubuh menjadi lebih berotot, tentu sudah tidak asing dengan suplemen yang mengandung creatine. Rutin latihan di gym dan mengkonsumsi suplemen creatine sudah banyak terbukti dapat meningkatkan massa otot dalam tubuh kita. Bagi Anda yang baru saja akan mencoba mengkonsumsi creatine, Anda bisa melihat artikel dari BestSpy untuk mendapatkan Creatine terbaik.

Selain itu ada beberapa hal tentang creatine yang perlu Anda ketahui dulu. Simak 5 hal tentang creatine berikut ini.

1.  Creatine dapat diproduksi oleh tubuh

Creatine merupakan suplemen yang paling banyak digunakan bagi yang sering latihan di gym. Apa sebenarnya creatine ini? Creatine adalah senyawa yang secara alami terdapat pada jaringan otot. Creatine membantu otot kita untuk menghasilkan energi saat melakukan latihan yang berat. Creatine di dalam tubuh kita tersimpan sebagai phosphocreatine.

Sebanyak 95% dari phosphocreatine tersimpan di dalam otot, sementara sisanya terdapat dalam otak, ginjal, dan hati. Saat otot mengangkat sesuatu yang berat atau melakukan latihan yang berat, phosphocreatine yang tersimpan di dalam tubuh akan berubah menjadi ATP. ATP merupakan molekul yang memiliki energi tinggi.

Jadi, semakin banyak ATP di dalam tubuh kita, maka performa kita saat berolahraga akan semakin baik karena memiliki semakin banyak energi. Mengkonsumsi suplemen creatine akan meningkatkan kadar phosphocreatine di dalam tubuh kita.

 2. Creatine dapat meningkatkan performa tubuh saat berolahraga

Mengkonsumsi suplemen creatine dapat meningkatkan performa tubuh saat melakukan latihan fisik. Berbagai riset telah membuktikan bahwa suplemen yang mengandung creatine dapat meningkatkan kinerja otot secara drastis saat berolahraga.

Hal ini erat kaitannya dengan produksi ATP yang meningkat dengan mengkonsumsi creatine. Creatine juga dapat dikonsumsi baik oleh pemula maupun yang telah profesional dalam dunia kebugaran. Saat berolahraga, konsumsi creatine akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, mencegah kelelahan, dan membantu pemulihan otot yang sakit. Sebuah riset menyebutkan bahwa creatine dapat meningkatkan performa saat latihan fisik yang berat hingga 15%.

3. Creatine dapat meningkatkan massa otot

Creatine adalah suplemen yang paling efektif untuk meningkatkan massa otot tubuh. Mengkonsumsi suplemen creatine secara teratur selama 5 - 7 hari telah terbukti dapat meningkatkan massa dan ukuran otot secara drastis. Ini karena creatine dapat meningkatkan kadar air dalam otot, sehingga volume otot semakin meningkat.

Creatine juga dapat menurunkan tingkat kerusakan protein dalam tubuh, sehingga massa otot semakin meningkat. Pemakaian suplemen creatine secara teratur dalam jangka waktu yang lama juga terbukti dapat meningkatkan massa serat otot sehingga akan meningkatkan performa dan kekuatan otot Anda secara alami. 

4. Inilah dosis creatine yang dianjurkan

Agar memperoleh hasil yang maksimal namun tetap aman, tentunya kita harus mengikuti dosis yang dianjurkan saat mengkonsumsi suplemen creatine. Perhatikan dosis saat Anda memilih suplemen creatine. Pastikan merk yang Anda pilih memiliki dosis yang sesuai. Untuk tujuan menambah massa otot atau awal pemakaian, dianjurkan untuk mengkonsumsi creatine sebanyak 5 gram 4 kali sehari selama 2 hingga 5 hari.

Kemudian untuk maintenance atau mempertahankan massa otot, dianjurkan mengkonsumsi suplemen creatine 2 gram setiap hari. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bersamaan dengan suplemen creatine akan menyebabkan kadar creatine dalam otot lebih tinggi.

5. Creatine relatif aman jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan

Mengkonsumsi creatine dalam jangka panjang relatif aman jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Efek samping yang dapat terjadi diantaranya adalah naiknya berat badan, mual, sakit perut, dan diare. Mengkonsumsi creatine dalam dosis yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, hati, dan jantung.

Saat mengkonsumsi creatine juga sebaiknya tidak bersamaan dengan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karena dapat meningkatkan resiko stroke. Sebaiknya Anda berhati-hati juga saat mengkonsumsi creatine bersamaan dengan obat-obatan tertentu seperti ibuprofen, piroxicam, atau antibiotika.

Setelah mengetahui 5 hal tentang creatine, Anda dapat semakin yakin untuk mencoba mengkonsumsi creatine sebagai suplemen untuk otot dan performa yang maksimal saat berolahraga. Ikuti dosis yang dianjurkan dan aturlah pola makan Anda untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. [***]

Berita Lainnya

Index