Minuman Sehat : Membuat Susu Kurma Sendiri

Minuman Sehat : Membuat Susu Kurma Sendiri

Metroterkini.com - Sudah diketahui secara umum kalau kurma mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Khasiat kurma akan bertambah jika diracik menjadi susu kurma yang manis legit.

Belakangan ini susu kurma mudah dijumpai di pasaran. Banyak penjual yang menawarkan susu kurma kemasan instan. Secara alami, susu kurma memang banyak memberi dampak positif pada tubuh.

Seperti yang kita ketahui, kurma mengandung zat besi, fosfor, potasium, zinc, magnesium, vitamin A, D, dan C. Kurma juga tinggi serat yang mempengaruhi sehatnya sistem pencernaan.

Demikian pula dengan susu yang kaya akan kalsium. Jika dipadukan maka susu kurma bisa menjadi super food yang bernutrisi dan juga enak. Apalagi susu kurma bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Berikut manfaat susu kurma dan cara membuatnya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat dari rutin makan kurma adalah menjaga kesehata jantung. Kandungan kalium yang tinggi dalam kurma serta rendah natrium mampu menurunkan tekanan darah sehingga terjaga di angka normal.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga kerja pembuluh darah akan lebih lancar. Dengan ini jantung akan lebih sehat dan berfungsi optimal.

Kandungan pektin dalam kurma juga bisa menurunkan tingkat kolesterol. Manfaat kurma lainnya ialah meningkatkan energi dan aktivitas organ di dalam tubuh, seperti pembuluh darah, liver, sistem darah, dan usus.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Tingginya kandungan serat dalam kurma berkhasiat untuk membuat saluran pencernaan sehat dan lancar. Kurma bisa diandalkan sebagai salah satu makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi saat terjadi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Serat pada kurma tidak sepenuhnya dapat dicerna, tetapi menahan air saat melewati usus. Proses inilah yang kemudian membantu melancarkan proses buang air besar. Saat mengonsumsi susu kurma, usahakan untuk mengaduk lebih dahulu agar serat bisa dikonsumsi maksimal.

3. Menjaga kesehatan tulang

Susu dan kurma sama-sama mengandung kalsium. Di dalam kurma juga terkandung selenium, tembaga, dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan kalsium untuk memperbaharui kalsium yang rusak. Jika asupan kalsium tercukupi maka bisa menekan resiko terjadinya osteophorosis atau pengeroposan tulang.

4. Memperbanyak produksi ASI

Bagi ibu menyusui, susu kurma juga bisa diandalkan sebagai booster agar menghasilkan ASI berlimpah. Hal ini bukan rahasia lagi karena sudah banyak ibu yang membuktikan khasiatnya.

Bukan hanya melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurma yang ditambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui dapat mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu.

Beberapa kandungan pada kurma seperti tryptophan, diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Jika ibu bahagia dan rileks maka ASI untuk bayi pun akan diproduksi berlimpah.

5. Resep susu kurma

Susu kurma bisa dibuat sendiri di rumah, bahan utamanya tentu saja buah kurma dan susu segar. Untuk varian yang lebih menggoda, kamu juga bisa menambahkan berbagai bahan atau topping pada susu kurma.

Bahan
500 ml susu UHT
6 buah kurma medjool atau 8 buah kurma ukuran kecil
es batu, jika suka

Cara membuat
1. Buang biji kurma, masukkan dalam gelas blender,
2. Tambahkan susu lalu proses hingga halus, tambahkan es batu agar hasilnya lebih kentl. Proses kembali hingga halus,
3. Tuang dalam gelas dan sajikan segera.

Berita Lainnya

Index