Aparat Hukum Diminta Periksa Pokja 3 ULP Tanjung Pinang

Aparat Hukum Diminta Periksa Pokja 3 ULP Tanjung Pinang

Metroterkini.com - LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait dugaan persekongkolan untuk memenangkan salah satu proyek melalui ULP Tanjung Pinang tahun 2018 lalu. menghimbau pihak penegak hukum untuk melakukan penyeledikan sesuai apa yang sudah di amanatkan dalam undang-undang.

Proses lelang peningkatan jalan pada Pokja 3 ULP itu menggunakan DAK, telah menjadi temuan BPK Perwakilan Kepulauan Riau, dan menurut Kepala ULP Pemko Tanjung Pinang Kepulauan Riau, sudah ditindaklanjuti sesuai dengan apa yang di perintahkan dalam rekomendasi temuan BPK tersebut.

Menurut Zulhidayat yang dihubungi wartawan melalui ponselnya, Selasa (5/10/19) membenarkan adanya temuan dugaan kesamaan penawaran sebagaimana yang menjadi temuan BPK tersebut.

"Memang benar ada temuan BPK  terkait masalah dugaan indikasi persekongkolan tersebut sesuai yang tertuang dalam laporan hasil pemeriksaan tahun 2018 dan kita sudah melaksanakan apa yang sudah direkomendasikan oleh BPK tersebut," terang Zulhidayat.

Namun dalam hal ini, tindaklanjut anjuran BPK tidak berarti unsur pidananya bisa dengan gampang diabaikan.

"Pihak penegak hukum harus melakukan penyelidikan dengan di dahului pengumpulan data dan keterangan karena sudah menjadi kewajiban pihak aparat penegak hukum untuk memprosesnya meskipun tidak ada laporan yang masuk karena Kejaksaan, Polri dan KPK berwenang untuk menangani dugaan kasus sebagai dugaan tindak pidana korupsi," jelas Boyamin.

Untuk diketahui dalam temuan itu, adanyan kesamaan IP Address penawaran secara online dan adanya kesamaan isi dokumen penawaran peserta lelang, meliputi kesamaan spesifikasi bahan dan metode pelaksanaan pekerjaan, kesamaan dalam kesalahan  penulisan dokumen penawaran, kesamaan format penulisan dokumen.

Kemudian terjadi indikasi kesamaan perusahaan pendukung pekerjaan yang meliputi kesamaan peralatan, dukungan Bank, dan dukungan supplay batching plant dan concerete pump.

Dan indikasi yang terakhir adalah PT NSA dalam pelaksanaan pekerjaan menggunakan tenaga/personil yang di tawarkan PT SJB pada dokumen penawaran.

Disamping ada beberapa dugaan kesamaan dalam penawaran, peserta lelang cuma di ikuti hanya dua perusahaan yang melakukan penawaran dari 11 perusahaan yang ikut mendaftar lelang. [asyiri]

Berita Lainnya

Index