Bali, Nikmati Indahnya Pantai Cinta Lovina

Jumat, 05 Desember 2014 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bali tidak hanya sekadar Kuta ataupun Sanur dan Seminyak. Beranjak ke utara, Anda akan menemukan Pantai Lovina yang letaknya sekira 9 kilometer dari Kota Singaraja, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.
 
Pantai Lovina tidak kalah cantik dari pantai-pantai lain di Pulau Dewata. Hanya saja, pasirnya berwarna hitam asli tidak seperti pantai di Bali pada umumnya. Ombak di bibir pantai pun relatif tenang dan bersahabat sehingga memungkinkan pengunjung berwisata ke tengah laut dengan perahu nelayan. 
 
Atraksi yang paling dicari dari Lovina adalah pertunjukan lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus). Anda dapat menyaksikan hewan pintar tersebut melompat-lompat di lautan lepas bersama kelompok mereka. Biasanya mereka muncul pada pagi hari ketika Matahari baru mulai menyingsing.
 
Desa Kalibukbuk sendiri terletak di dekat pantai berbentuk teluk sehingga pemandangannya cukup indah. Dahulu desa ini dijadikan pelabuhan sehingga tak mengherankan jika begitu ramai dengan perdagangan dan pertukaran budaya. Laut Lovina pun tak kalah mempesona, terdapat bunga-bunga karang indah dan ikan yang bervariasi.
 
Sejarah Lovina tidak bisa lepas dari sosok Anak Agung Panji Tisna yang pernah mengelilingi Eropa dan Asia. Ia tertarik dengan cara hidup dan kondisi penduduk di Bombay, India, yang membuatnya berpikir untuk menerapkan wawasannya pada pembangunan masyarakat di Kabupaten Buleleng.
 
Kembali dari luar negeri pada 1953, Anak Agung Panji Tisna segera menyatakan aspirasinya dan mulai membangun sebuah pondok bernama Lovina di tanah miliknya. Tempat ini berupa penginapan yang dilengkapi 3 kamar tidur dan restoran di pinggir laut, sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berlibur.
 
Lovina berasal dari kata love yang berarti cinta, dan ina yang dalam bahasa bali berarti ibu, sehingga namanya merujuk pada arti: cinta ibu pertiwi. Nama Lovina sempat tidak boleh digunakan karena dianggap tidak dikenal di Bali. Karena itu, pengusaha selanjutnya pernah menggunakan nama-nama seperti Manggala, Krisna, Angsoka, Nirwana dan masih banyak laggi. 
 
Akhirnya setelah dunia pariwisata Bali Utara berkembang, permintaan pebisnis dan agen perjalanan menginginkan nama Lovina kembali. Dari semula hanya nama sebuah penginapan, kini Lovina diabadikan menjadi nama pantai cantik yang menaungi sekira 6 desa asli.[itrvl]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT