AKBP Setyo Bimo Anggoro Daulat Pelajar SMAN 1 Jadi Kapolres Sehari

AKBP Setyo Bimo Anggoro Daulat Pelajar SMAN 1 Jadi Kapolres Sehari

Metroterkini.com - Menjadi seorang polisi merupakan impian banyak pelajar. Selain berbadan sehat dengan tinggi yang memenuhi syarat, juga pintar secara akademik. Dan tentu saja harus lulus tes yang diadakan institusi pelayan, pengayom, dan pelindung masyarakat tersebut.

Namun, ada kalahnya seseorang bisa merasakan bagaimana sistem dan pola kerja serta beratnya tanggungjawab seorang anggota polisi.

Seperti pengalaman yang didapat Gilang Febri Irawan, seorang pelajar SMAN 1 Bengkalis yang didaulat oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro berperan sebagai Kapolres sehari. Remaja berbadan atletis itu menjadi Kapolres Bengkalis satu hari pada Selasa 2 Juli 2024. Ia melakukan tugas, dan fungsi lazimnya seorang polisi.

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro kepada media ini mengatakan, mendaulat seorang pelajar menjadi Kapolres sehari merupakan inovasi dalam rangka hari Bhayangkara ke-78.

Hebatnya lagi, ungkap perwira dua melati yang akrab disapa Bimo itu, Gilang satu-satunya pelajar di Indonesia yang berperan sebagai Kapolres sehari.

Bimo menuturkan, untuk menjadi Kapolres sehari tidak diperoleh begitu saja oleh Gilang, melainkan melalui seleksi. Gilang harus bersaing dengan beberapa orang pelajar terbaik tingkat SMA. Kemudian mengikuti serangkaian tes/seleksi yang diadakan oleh tim Polres Bengkalis. Dari sekian banyak peserta, Gilang yang terbaik.

"Kita seleksi para pelajar SMA yang terbaik. Juaranya atas nama dik Gilang dari SMAN 1 Bengkalis," kata Bimo.

Menurut Bimo, kegiatan Gilang selaku Kapolres dimulai dengan mengambil apel pagi, melakukan pengecekan anggota, memeriksa kelengkapan dan kerapian anggota serta memberikan arahan.

Selain itu, Gilang juga melakukan kegiatan lainnya, seperti patroli, sambang, dan melakukan pengecekan fungsi-fungsi teknis kepolisian.

Bimo berharap, pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh Gilang sebagai Kapolres sehari dapat diceritakan kepada teman-teman sekolahnya, apa tugas fungsi kepolisian sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

Selain itu, ungkap Bimo, Gilang juga dapat menceritakan tentang banyaknya tugas seorang anggota polisi. Disamping itu, tanggungjawab seorang polisi juga banyak.

"Kegiatan ini dapat memotivasi adik-adik pelajaran yang ingin jadi polisi," ujarnya.

Selain itu, Bagian Binamitra Polres sudah sejak lama punya program mengunjungi sekolah-sekolah, dan Field trip (studi wisata) pelajar taman kanak-kanak dan pelajar SD ke Polres. Program ini dalam rangka memperkenalkan tugas dan fungsi kepolisian kepada pelajar.

Sementara itu, Gilang mengatakan beban tugas polisi banyak sekali. Selain patroli, juga mengunjungi pasar, tempat-tempat keramaian, melayani masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban agar tidak terjadi tindak kejahatan.

Dan yang membuat Gilang heran, ternyata dikepolisian tidak ada yang namanya hari libur. Seperti instansi lain yang bisa menikmati libur Sabtu dan Minggu.

"Ternyata, di kepolisian tidak ada hari liburnya," kita Gilang yang bercita-cita ingin masuk polisi. [rudi]

Berita Lainnya

Index