3 Kriteria Hewan Kurban yang Bisa Disembelih saat Idul Adha

3 Kriteria Hewan Kurban yang Bisa Disembelih saat Idul Adha

Metroterkini.com - Hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap 10 Zulhijah identik dengan penyembelihan hewan kurban. Tidak semua hewan bisa disembelih untuk jadi hewan kurban, ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi.
Lantas apa saja kriteria hewan kurban yang bisa disembelih?

Umat Islam yang mampu diperintahkan untuk berkurban saat Idul Adha. Perintah tersebut terdapat dalam Al-Quran dan Hadist, sebagai berikut ini:

Al-Quran surat Al Kautsar ayat 2 : Artinya: “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah),”

Hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah : Artinya: Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami," (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Selain itu, ada juga hadis yang diriwayatkan Abu Dawud : Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya atas tiap-tiap ahli rumah pada tiap-tiap tahun disunatkan berkurban," (HR Abu Dawud).

Waktu yang dianjurkan dalam menyembelih hewan kurban adalah setelah salat Idul Adha hingga sebelum masuk waktu salat Zuhur. Hal itu disampaikan oleh Syaikh Wahbah Al-Zuhaili dalam kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu.

Sebelum membeli hewan kurban, tentunya umat Islam harus tahu apa saja kriteria hewan kurban yang bisa disembelih. Berikut kriteria hewan kurban yang dikutip dari website Bimas Islam Kemenag, Jumat (7/6/2023):

Kriteria Hewan Kurban

1. Harus Hewan Ternak
Hewan ternak yang dimaksud adalah unta, sapi, kambing dan domba.

2. Harus Mencapai Usia Minimal yang Ditetapkan oleh Syariat
• Unta minimal berusia lima tahun dan telah masuk tahun keenam.
• Sapi minimal berusia dua tahun dan telah masuk tahun ketiga.
• Domba berusia satu tahun atau minimal enam bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berumur satu tahun.
• Kambing berusia minimal satu tahun dan telah masuk tahun kedua.

3. Harus Sehat
Hewan kurban yang akan disembelih harus sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit. **

 

Berita Lainnya

Index