Tiba di Riau Jokowi Langsung Resmikan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Tiba di Riau Jokowi Langsung Resmikan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo disambut musik tradisional asal Kabupaten Kampar Calempong dan tarian saat tiba di lokasi peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar, Jumat (31/5/2024).

Peresmian jalan bebas hambatan ketiga di Bumi Lancang Kuning itu berada di Gerbang Tol XIII Koto Kampar. Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sendiri memiliki panjang 24,7 Km.

Saat tiba di GT Bangkinang - XIII Koto Kampar disambut langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Bupati Kampar Hambali serta pihak PT Hutama Karya.

Sedangkan Presiden didampingi oleh Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan pejabat terkait lainnya.

Setelah diresmikan Presiden, PT Hutama Karya selaku pengelola dalam waktu dekat akan mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Pekanbaru - Padang Seksi II (Bangkinang - XIII Koto Kampar).

Sebelumnya, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, bahwa open traffic perdana seksi tol ini dilaksanakan menyusul telah dikeluarkanya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Kementerian PUPR pada, Selasa (28/5/2024) atas Uji Laik Fungsi (ULF) yang telah dilakukan pada (25/04).

Sebelumnya jalan tol ini telah diuji coba pengoperasiannya secara fungsional selama Mudik Lebaran 2024 lalu, yang dilalui lebih dari 37.000 kendaraan.

"Kualitas jalan dan fasilitas penunjang jalan tol ini telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang berlaku, dengan telah diperolehnya SLO, dan selama dioperasikan secara fungsional juga zero fatality. Tanggal dan waktu beroperasi tanpa tarif akan kami informasikan lebih lanjut menunggu Kepmen Pengoperasian dari Kementerian PUPR," katanya. [**]

 

Berita Lainnya

Index