Malam Nuzulul Qur'an 2024 Kapan? Ini Jadwal dan Keistimewaannya

Malam Nuzulul Qur'an 2024 Kapan? Ini Jadwal dan Keistimewaannya

Metroterkini.com - Bulan Ramadan memiliki banyak keistimewaan dibanding bulan lainnya. salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an pertama kali. Peristiwa ini disebut Nuzulul Qur'an.

Nuzulul Qur'an diperingati setiap tahunnya pada malam ke-17 Ramadan. Memperingati peristiwa ini biasanya umat Islam melakukan kegiatan dan amalan untuk merayakannya. Lantas, malam Nuzulul Qur'an 2024 kapan? Berikut penjelasanya.

Jadwal Malam Nuzulul Qur'an 2024

Al-Qur'an diturunkan di Madinah dan di Mekkah secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Dihimpun dari laman NU Online mengutip pernyataan Imam Ibnu Katsir dalam kitab 'Al-Bidayah wan Nihayah, berikut:

"Permulaan wahyu (diturunkannya Al-Qur'an) kepada Rasulullah saw bertepatan dengan hari Senin pada malam ketujuh belas bulan Ramadhan. Dan dikatakan, bertepatan dengan tanggal 24 Ramadhan." (Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan Nihayah, [Beirut, Darul Fikr], juz III, halaman 11).

Berdasarkan kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, Nuzulul Qur'an tahun ini bertepatan pada tanggal 28 Maret 2024. Maka pada hari Rabu (27/04/2024) merupakan malam Nuzulul Qur'an. detikers bisa memperbanyak amal ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai bentuk sukacita menyambut malam Nuzulul Qur'an.

Keistimewaan Membaca Al-Qur'an pada Malam Nuzulul Qur'an

Dihimpun dari laman NU Online, umat Islam dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an saat malam Nuzulul Qur'an. Berikut beberapa keistimewaan membaca Al-Qur'an pada malam Nuzulul Qur'an:

1. Memperoleh Pedoman Hidup dan Petunjuk dari Allah SWT
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 tentang Al-Qur'an sebagai pedoman hidup:

Artinya: "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)." (al-Baqarah/2: 185).

2. Memperoleh Pahala Berlipat
Pada hadist yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas'ud, Allah SWT memberikan pahala satu kebaikan dari setiap huruf Al-Qur'an yang dibaca. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Dari Abdullah Ibnu Mas'ud, Rasulullah Saw bersabda, "barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf." (HR. At-Tirmidzi : 2835).

3. Sebaik-baiknya Ibadah
Membaca Al-Qur'an merupakan amalan yang diutamakan. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh An-Nu'man Ibnu Basyir berikut:
Artinya: Rasulullah Saw bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an." (HR. al-Baihaqi).

4. Memberikan Syafaat pada Hari Kiamat
Amalan yang dapat memberikan syafaat kepada umat Islam salah satunya adalah membaca Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya." (HR Muslim : 1337).

5. Menentramkan Jiwa dan Pikiran
Dikutip dari buku "Al-Qur'an The Healing Book" oleh Ir. Abduldaem Al-Kaheel bahwa Al-Qur'an dapat memberikan ketenangan hati dan menyembuhkan pikiran. Hal tersebut didukung dengan sabda Rasulullah:

Artinya: "Tidaklah suatu kaum berkumpul di antara rumah-rumah Allah sambil membaca Kitabullah, dan saling mempelajari diantara mereka. Kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, dan diberikan rahmat serta malaikat akan menaunginya. Dan mereka akan diingat disisi Allah." (HR. Muslim : 4867).

Itulah penjelasan tentang kapan malam Nuzulul Qur'an beserta keistimewaan membaca Al-Qur'an pada malam tersebut. Semoga bermanfaat! 

 

Berita Lainnya

Index