Menkominfo Ingatkan Masyarakat Antisipasi Hoaks Pemilu 2024

Menkominfo Ingatkan Masyarakat Antisipasi Hoaks Pemilu 2024

Metroterkini.com - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut banyak beredar konten-konten hoaks terkait pemilu 2024. Untuk itu, Budi mengingatkan masyarakat untuk melakukan antisipasi.

"Seiring bergulirnya tahapan ini (pemilu). penyebaran konten negatif tentang pemilu, berbagai isu hoaks dalam pemilu banyak dijumpai di media sosial dan platform digital," kata Budi melalui video saat membuka acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih yang digelar di Kota Medan, Selasa (16/1/2024).

Budi menyebut penyebaran hoaks secara langsung maupun melalui media sosial perlu diperangi. Masyarakat harus lebih cerdas dan teliti dalam menerima informasi.

"Penyebaran hoaks dan konten negatif perlu kita perangi, ujaran kebencian dan pemberian akses data tanpa hak," jelasnya.

Dia mengatakan Pemilu 2024 sudah tinggal satu bulan lagi. Budi mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghargai pilihan masing-masing dan dapat mewujudkan #PemiluDamai2024.

Acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Telkomsel.

Selain Menkominfo Budi, ada narasumber-narasumber keren lainnya yang akan memberikan penjelasan soal pemilu. Acara ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama akan membahas tema 'Menuju Pemilu Damai di Sumut'.

Adapun yang menjadi narasumber adalah Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Mayjen (Purn) Hassanudin diwakili oleh Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Sumut Ardan Noor, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu, Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hasan dan Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Lalu, pada sesi kedua akan membahas soal 'Peningkatan Literasi Jelang Puncak Pemilu'. Narasumber pada sesi kedua ini adalah Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi & Media Massa Widodo Muktiyo, Ketua KPID Sumut Anggia Ramadhan dan Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Baharuddin, S.T, M.Pd.

Tak ketinggalan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan stand up comedy dari komika asal Sumut Joel Purba. Bagi detikers yang berada di Kota Medan dan sekitarnya jangan lupa untuk menghadiri acara ini secara langsung.

 

Acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Telkomsel.[**]

Berita Lainnya

Index