4 Tahan Ditembak dari 10 Tahanan Kabur di Pekanbaru yang Ditangkap

4 Tahan Ditembak dari 10 Tahanan Kabur di Pekanbaru yang Ditangkap

Metroterkini.com  - 10 orang tahanan Polsek Rumbai, Pekanbaru, Riau yang kabur telah ditangkap. Empat di antaranya sempat melawan saat akan ditangkap hingga ditembak.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Jefri Ronal Parulian Siagian mengatakan 10 tahanan kabur yakni RR, RN, RF, MA, HI, SC, DS, NW, A dan DP. ada empat di antaranya ditembak karena melawan.

"Semua sudah ditangkap. Ada empat di antaranya ditembak karena melawan," kata Jefri di Mapolresta Pekanbaru, Minggu (20/8/2023).

Seluruh tahanan kabur ditangkap setelah 10 hari menghirup udara bebas. Mereka ditangkap di berbagai daerah di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Setelah tertangkapnya 10 tahanan, polisi mengungkap otak pelaku kabur dari sel. Otak pelaku adalah tahanan berinisial A.

"Dalang di balik ide pelarian ini adalah A, caranya dengan menggali toilet tahanan yang langsung mengarah ke septic tank," katanya.

A menginisiator kabur dari sel tahanan di Polsek Rumbai dengan menggali tanah. Tanah digali dengan piring melamin yang biasa dipakai untuk makan.

"Rencana ini dilakukan tersangka hanya dalam hitungan jam," kata Jefri.

Mirisnya, NW nekat mencuri handphone dan sepeda motor di wilayah Kecamatan Rumbai. Aksi itu dilakukan setelah lolos dari sel bersama tahanan lain.

Jefri menilai 10 tahanan kabur tersebut menjadi catatan dan pelajaran penting. Sementara petugas yang lalai kini telah ditangani Propam.

"Ini evaluasi untuk kami agar memperketat lagi pengamanan. Tiap polsek sudah kami beri atensi supaya lebih waspada dan lebih ketat," katanya.

Sementara Direktur Reskrimum Polda Riau Kombes Asep Darmawan menyebut para tahanan ditangkap dari berbagai wilayah di Riau dan Sumatera Barat.

"Para pelaku ditangkap di beberapa lokasi seperti Pekanbaru, Bengkalis, Pelalawan, dan Sumatera Barat," kata Asep.**

Berita Lainnya

Index