Inilah 4 Amalan Sunnah pada 1 Muharram, Ayo Kerjakan!

Inilah 4 Amalan Sunnah pada 1 Muharram, Ayo Kerjakan!

Metroterkini.com - Umat Islam sebentar lagi akan menyambut bulan Muharam 1445 H yang jatuh pada 19 Juli 2023. Pada momentum itu, ada beberapa amalan sunah yang baik dilakukan seorang muslim.

Sangat baik melakukan amalan sunah di bulan Muharram, sebab bulan tersebut termasuk salah satu bulan haram. Dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Barkah RA, Rasulullah menjelaskan bahwa empat bulan haram yang dimaksud adalah Zulkaidah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab.

"Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Syakban," (HR Bukhari Muslim).

Lantas apa saja amalan sunnah 1 Muharram yang dapat dikerjakan? Berikut di antaranya!

1. Bersedekah
Momentum bulan Muharram umat islam dapat menjadikannya sebagai waktu untuk menambah lebih banyak pahala. Salah satu amalan yang baik adalah bersedekah.

Bersedekah memang dapat dilakukan kapan saja, namun ketika Muharam maka amalan ini jadi lebih dianjurkan. Khususnya pada hari Asyura sesuai sabda Rasulullah.

"Orang yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut." (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi).

Makna yang dimaksud melapangkan keluarga ialah mencukupi kebutuhan hidup keluarga, yaitu kebutuhan makanan ataupun kebutuhan lain.

2. Membaca Doa Awal Tahun 1 Muharram
Mengutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun karya Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, sebelum memasuki bulan Muharam, ada baiknya kita membaca doa awal tahun.

Masih di buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun karya Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, doa awal tahun dibaca setelah salat Magrib sebanyak 3 kali. Sebagian ulama menyebutkan bahwa barang siapa membaca doa tersebut sebanyak 3 kali setelah salat Magrib pada malam 1 Muharram, maka Allah akan memerintahkan dua malaikat untuk melindunginya dari fitnah dan tipu daya setan.

Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan Tahun.

3. Qiyamul Lail pada Malam Pertama Bulan Muharam
Selain membaca doa awal tahun, sebagai umat Islam pada awal bulan Muharam, kita disunahkan untuk menghidupkan malam. Pada buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun karya Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dijelaskan beberapa cara untuk menghidupi malam saat bulan Muharam.
Memperbanyak membaca Al-Qur'an
Berzikir kepada Allah SWT
Melakukan salat sunah, seperti salat Hajat, Tahajud, Taubat, dan salat-salat sunah lainnya.
Salat dua rakaat, rakaat pertama membaca Al-Fatihah dan surat Al-An'aam, rakaat kedua membaca Al-Fatihah dan Yasin.

4. Bersilahturahmi
Pada bulan Muharam, sebagai umat Islam, disunahkan untuk melakukan amalan bersilaturahmi. Terlebih, silaturahmi mengandung banyak keutamaan, salah satunya membuat bahagia kerabat.

Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid pada bukunya dijelaskan, bersilaturahmi pada bulan Muharam pada hari Asyura, sebagian ulama menyebutkan silahturahmi amalan dan ibadah yang menghasilkan pahala besar dan keistimewaan bagi pelakunya pada hari Asyura.

Demikian amalan sunnah 1 Muharram yang dapat dikerjakan umat Islam. Jangan lewatkan bulan Muharam yang penuh kemuliaan, semoga kita selalu diberi keberkahan oleh Allah. Aamiin. **
 

Berita Lainnya

Index