Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Menpora Gantikan Zainudin Amali

Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Menpora Gantikan Zainudin Amali

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengganti sementara Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) adalah Muhadjir Effendy. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di Plt-kan, plt-nya Pak Menko PMK," kata Jokowi dalam keterangannya di Denpasar, Senin (13/3/2023).

Jokowi mengakui telah menerima surat pengunduran diri dari Zainudin Amali. Surat pengunduran diri itu juga sudah disetujui Jokowi.

"Menpora (Zainudin) tadi pagi sudah bertemu saya. Surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di setneg. Dan saya tadi sudah menyetujui," kata Jokowi.

Zainudin Amali diketahui secara resmi memberikan surat pengunduran dirinya kepada Kementerian Sekretariat Negara pada hari ini, Kamis 9 Maret 2023.

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai menteri pemuda dan olahraga," kata Zainudin di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis 9 Maret 2023.

Zainudin memutuskan mundur dari kursi Menpora usai dirinya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI. Keputusan tersebut disampaikannya saat bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin 20 Februari 2023.

"Saya sampaikan kepada Pak Presiden, 'Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI'. Dan Beliau meminta saya untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," ujar Amali. [**]

Berita Lainnya

Index