5 Gejala Covid-19 Varian Baru Paling Banyak Dikeluhkan Pasien

5 Gejala Covid-19 Varian Baru Paling Banyak Dikeluhkan Pasien

Metroterkini.com - Kasus Covid-19 di Indonesia belakangan terus mengalami tren peningkatan. Apalagi, virus yang berasal dari China ini terus bermutasi dan melahirkan varian dan subvarian baru secara berkala. Lantas apa saja gejala positif Covid-19 varian baru?

Meski ringan, gejala Covid-19 varian baru kian beragam. Hal ini membuat masyarakat kerap mengira tubuh hanya terserang sakit batuk dan pilek atau sekadar kelelahan.

Namun, mereka ternyata positif Covid-19 varian baru setelah menjalani tes. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mewaspadai gejala positif Covid-19 varian baru.

Berikut ini beberapa gejala Covid-19 varian baru yang perlu diketahui.

1. Demam
Dokter di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Praseno Hadi mengungkapkan gejala Covid-19 yang sering terjadi adalah demam.

Pada umumnya seseorang dapat dikatakan demam jika suhu tubuhnya berada di 1,1 derajat Celcius di atas suhu normal. Namun perlu diketahui bahwa masing-masing orang memiliki suhu badan normal yang berbeda-beda.

2. Batuk kering
Selain demam, gejala lainnya yang sering terjadi adalah batuk kering. Saat menderita batuk kering, Anda tidak akan mengeluarkan dahak melainkan merasakan gatal di tenggorokan. Hal ini lah yang menjadi pembeda jika Anda batuk akibat virus flu biasa.

Hal ini karena batuk yang terjadi saat flu merupakan respons tubuh untuk mengeluarkan lendir yang muncul karena infeksi virus flu. Kendati begitu, Hadi menekankan gejala demam dan batuk yang kerap terjadi pada penderita Covid-19 varian baru tidaklah berat.

"Gejala-gejala ini juga bisa sembuh dalam tiga atau lima hari setelah dinyatakan positif," kata Hadi di siaran YouTube BNPB, beberapa waktu lalu.

3. Nyeri otot dan sendi
Gejala ini merupakan gejala yang cukup khas dari Covid-19 varian baru. Nyeri otot dan sendi terasa seperti badan pegal linu dan tubuh jadi lemas seakan kehilangan tenaga. Gejala ini cukup sering dikeluhkan oleh penderita Covid-19.

"Demam yang disertai nyeri otot. Nyeri otot itu jadi salah satu gejala Covid-19," ucap Hadi.

4. Pilek
Faktanya, pilek juga menjadi gejala yang bisa menandakan Anda terserang infeksi virus Covid-19 varian baru. Sayangnya, gejala ini memang serupa dengan infeksi virus flu biasa. Maka dari itu, Anda perlu melakukan tes PCR untuk mengetahui tubuh terserang virus flu biasa atau Covid-19.

5. Sakit kepala
Penderita Covid-19 varian baru kini kerap mengeluhkan sakit kepala. Sakit kepala terasa seperti pusing, kepala berdenyut, hingga tertekan. Kondisi ini pada umumnya muncul sebagai reaksi tubuh terhadap peradangan, yang timbul karena tubuh tengah melawan virus.

Itulah gejala-gejala Covid-19 varian baru yang paling sering dikeluhkan pasien. Segera tes PCR jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut. Tetap disiplin mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan. [**]
 

Berita Lainnya

Index