2 Tower Tegangan Tinggi PLN di Riau Roboh Dicuri Maling

2 Tower Tegangan Tinggi PLN di Riau Roboh Dicuri Maling
ilustrasi

Metroterkini.com - Dua tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) PLN di Siak Hulu, Kampar, Riau roboh. Dua tower SUTT itu roboh karena besinya dicuri.

Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi Pekanbaru Aris Sofyan Hidayat menyebut kedua tower roboh yakni tower 69 dan 70. Tower dilaporkan roboh, Sabtu (2/7/) pekan lalu.

"Tower 69 dan 70 Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Section Garuda Sakti - Pasir Putih yang berada di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu dilaporkan roboh. Tower dilaporkan roboh akibat besi penyangga tower dicuri pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Aris, Selasa (5/7/2022).

Robohnya tower itu menyebabkan hilangnya beban pembangkit sekitar 70 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip), sehingga berdampak pada sistem kelistrikan Pekanbaru mengalami open looping.

"Namun tidak menyebabkan padamnya konsumen," kata Aris.

Sebagai respons cepat, PLN membangun tower darurat menggantikan sementara kedua tower tersebut. Langkah cepat itu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tower dengan memasang tower darurat.

"Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan tower tersebut adalah segera memasang tower darurat sebanyak dua tower agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau," kata Aris.

Sampai hari ketiga pelaksanaan recovery, proses pendirian tower darurat sudah mencapai sekitar 60 persen. Tower ditargetkan beroperasi sebelum Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, lokasi tower yang berada di area rawa-rawa juga sedikit menjadi kendala bagi tim recovery dalam mobilisasi material dan peralatan. Pada pemasangan tower darurat tersebut PLN UPT Pekanbaru menurunkan sejumlah tim teknis dibantu juga oleh tim dari berbagai Unit Pelaksana PLN yang tersebar di Sumatera. [**]

Berita Lainnya

Index