Cara Usir Kaki Seribu di Rumah dengan Mudah dan Aman

Cara Usir Kaki Seribu di Rumah dengan Mudah dan Aman

Metroterkini.com - Kaki seribu dan lipan yang muncul di rumah membuat tidak nyaman dan terkadang menjijikan. Hewan ini senang memakan sisa tanaman yang membusuk dan tinggal di tempat yang lembab. Sehingga kaki seribu sering dijumpai ada di luar rumah. Lalu bagaimana cara usir kaki seribu di rumah paling mudah dan aman?

Hewan ini sebenarnya bukan jenis serangga, melainkan arthropoda. Hewan yang disamakan sebagai hama serangga ini memiliki rata-rata antara 80 dan 400 kaki. 

Berbeda dengan kelabang, kaki seribu memiliki dua pasang kaki di setiap segmen tubuhnya. Dikutip dari laman Hunker, Selasa (31/8/2021), simak cara usir kaki seribu di rumah, makhluk nokturnal yang aktif terutama saat matahari terbenam.

1. Mengusir dengan Bahan Kimia, Asam Borat

Cara usir kaki seribu di rumah bisa melalui beberapa cara yang cukup mudah. Pertama, bisa manfaatkan bahan kimia yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Cukup taburkan bubuk asam borat yang bisa dibeli di toko peralatan kimia, taburkan di area lembap yang sering ditinggali kaki seribu dan lipan.

Dengan adanya bubuk asam borat ini, hewan arthropoda yang melintasinya akan dehidrasi dan mengganggu sistem pencernaannya. Karena toksisitasnya cukup tinggi. hindari jangan sampai terhirup anak-anak atau hewan peliharaan di rumah.

Kamu bisa menggantinya dengan bahan yang lebih aman, yaitu diatomaceous earth (DE) yang berasal dari bubuk fosil makhluk laut purba. Bahan kimia ini bekerja memotong dan mengeringkan lipan seperti cara kerja asam borat.

2. Mengusir dengan Cara Alami

Untuk mengusir hewan ini dari rumah, kamu bisa memilih cara alami yang bekerja secara efektif. Cara alami yang dipilih akan lebih aman dan juga lebih ramah lingkungan. 

Bersihkan selalu sumber makanan atau air agar tidak mengundang kaki seribu dan lipan ke dalam rumah. Biarkan kaki seribu mati kelaparan hingga dehidrasi karena tidak ada sumber makanan di dalam rumah. 

Cara alami dan aman lainnya adalah dengan menangkapnya secara langsung dan segera buang jauh keluar dari rumah agar tidak kembali. 

Kamu juga bisa menyemprotkan cairan beraroma pohon teh atau peppermint oil di tempat lembap yang jadi persembunyian kaki seribu dan lipan. Meski tidak mematikannya, namun dengan menyemprot minyak esensial, kaki seribu dan lipan pergi menjauh.

Semprotan minyak esensial juga bisa kamu tambahkan sabun cuci piring untuk fungsi ganda dalam membunuh hewan ini secara cepat dan tuntas.

Itulah cara usir kaki seribu di rumah yang mudah dan aman dilakukan. Selamat mencoba!
 

Berita Lainnya

Index