Kapolres Tapsel  Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2020

Rabu, 05 Mei 2021 - 18:02:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kapolres Tapsel  AKBP Roman Smaradhana Elhaj menghadiri kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka Ketupat Toba Tahun 2020, bertempat di Lapangan Bola Bintuju Serasi Kec. Angkola Muara Tais Tapanuli Selatan, Sumut, Rabu (5/5/2021).

Turut menghadiri apel gabungan dalam rangka menyambut lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah diantaranya, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra, Dan Yon C Brimobdasu Sipirok yang diwakili oleh AKP M. Purba, Dansub Denpom Lettu CPM Ongku Siregar, ZA, PJU Polres Tapanuli Selatan, PJU Kodim 0212/TS dan Yon 123/RW.

Kapolres Tapsel melalui P.S Kasubag Humas Iptu Amron Simanullang, S.H melalui rilisnya menyampaikan Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan 12 hari, mulai  tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021. Operasi mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 Hijriah dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat-2021, akan melibatkan 90.592 personel POLRI, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan,  Pramuka, Jasa Raharja, dll.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk  melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas dan 596 pos pelayanan dan 180 Pos Terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata.

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi operasi ketupat tahun 2020, gangguan Kamtibmas secara umum termasuk curat dan curas mengalami kenaikan sedangkan untuk kasus-kasus yang meresahkan masyarakat  lainnya seperti curas bersenpi, curanmor, anirat, mengalami penurunan demikian juga kecelakaan dan pelanggaran  lalu-lintas juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Gelar kekuatan Polri pada pos – pos pengamanan dan pelayanan serta dititik-titik rawan kriminalitas, titik- titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu  bertindak  cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.Selama pelaksanaan Apel Gelar Pasukan berlangsung, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah seperti Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi mobilitas (5M) guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid–19). [arman]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT