Update Telegram, Ada Sistem Pembayaran Hingga Tampilan

Kamis, 29 April 2021 - 17:22:41 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Telegram telah meluncurkan update yang menampilkan beberapa pembaruan baru ke pengguna. Pembaruan yang kini resmi dihadirkan yakni sistem pembayaran, obrolan suara terjadwal, hingga dua versi web baru.

Mengutip GSM Arena, Kamis (29/4/2021), sistem pembayaran atau Payments 2.0 adalah update dari fitur yang sudah dihadirkan Telegram pada 2017 lalu. Dengan ini, pengguna bisa melakukan transaksi langsung dari aplikasi.

Penjual kini bisa menerima pembayaran kartu kredit dalam percakapan apapun. Kartu kredit ini juga termasuk dari penyedia pembayaran pihak ketiga seperti Stripe, Yandex.Money, Sberbank, Tranzzo, Payme, KLIK, LiqPay, dan ECOMMPAY.

Telegram menyatakan bahwa informasi pembayaran tetap bersifat pribadi antara pengguna dan penyedia pembayaran.

Sedangkan informasi pengiriman hanya diberitahu ke penjual. Telegram juga mengaku tidak mengambil komisi ataupun menyimpan data pembayaran.

Saat ini, fitur sudah tersedia di lebih dari 200 negara. Telegram juga bakal menyediakan pembayaran lebih banyak di waktu mendatang.

Kemudian fitur baru lainnya adalah scheduled voice chat atau obrolan suara berjadwal. Sekarang, admin grup atau channel dapat menjadwalkan voice chat dan semua anggota grup dapat melihat jadwal hitung mundur tersebut.

Ketika hitung mundur berakhir, pengguna secara otomatis akan mendapatkan notifikasi bahwa voice chat sudah bisa didengarkan.

Voice chat juga memungkinkan pengguna untuk muncul di profil pictures dan bio pengguna tanpa harus meninggalkan kolom voice chat.

Pengguna juga bisa mengubah foto profil dan mengedit bio tanpa harus meninggalkan kolom chat.

Versi Web Baru

Telegram juga menghadirkan dua versi web baru yang dinamakan K dan Z. Dua versi ini tidak menggantikan versi web biasa, jadi Telegram tetap menghadirkan versi web dengan tiga versi.

Versi K dan Z dirancang dengan tampilan lebih sederhana sehingga tidak menampilkan banyak fitur.

Selain web, Telegram juga memperbarui tampilan di versi seluler. Pengguna bisa mencubit untuk memperbesar gambar, video, hingga stiker.

Kemudian ada juga fitur untuk mempercepat atau memundurkan video dengan mengetuk dua kali sisi layar untuk Android dan menekan atau menahan tombol +/- 15s untuk perangkat iOS. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT