Inhu Banjir, Ini Imbauan Kepala KPBD Inhu, Ergusfian

Senin, 19 April 2021 - 21:32:54 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tetap waspada.

Sebab, intensitas curah hujan dalam beberapa hari kedepan akan tinggi dan terjadi pada malam hari. Hal itu yang menyebabkan debit air sungai akan naik dan dapat menggenangi pemukiman penduduk.

"Kita sudah mencatat terjadinya kenaikan permukaan air Sungai Indragiri. Pagi ini kita permukaan air Sungai Indragiri mencapai 5,16 meter atau naik hingga 46 centimeter, dari sebelumnya 4,70 meter," kata Ergusfian kepada wartawan, Senin 19 April 2021.

Dikatakannya, akibat banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Inhu disebabkan tingginya curah hujan dalam waktu satu pekan terakhir ini.

"Kemarin curah hujan cukup tinggi dan satu harian. Kita prediksi hujan akan kembali mengguyur langit Inhu. Pihak BKMG juga sudah menginformasikan bahwa intensitas curah hujan akan kembali terjadi dalam beberapa hari kedepan," bebernya.

Ergusfian menambahkan, tingginya curah hujan itu disebabkan dari salah satu badai siklon yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

"Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di sepanjang Daerah Aliran Sungai Indragiri agar lebih waspada," pesannya.

Terkait banjir yang terjadi di Desa Penyaguhan, pihaknya telah menurunkan personel ke lokasi yang terdampak banjir.

"Kita masih menunggu laporan dari petugas KPBD yang berada dilapangan," sebutnya. [wa]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT