Kualifikasi MotoGP Portugal: Quartararo Pole Position

Sabtu, 17 April 2021 - 22:34:33 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo berhasil menempati pole position MotoGP Portugal sedangkan Marc Marquez bakal start dari posisi keenam.

Quartararo menorehkan waktu 1 menit 38,862 detik. Pembalap Prancis itu unggul 0,089 detik dari Alex Rins yang ada di posisi kedua.

Posisi start ketiga bakal ditempati oleh Johann Zarco, disusul Jack Miller, dan Franco Morbidelli di posisi start lima besar. Marc Marquez melengkapi formasi start di baris kedua dengan catatan 0,259 detik lebih lambat dari Quartararo.

Dari jalannya balapan, Aleix Espargaro sempat mencatat waktu tercepat di awal kualifikasi sebelum Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dengan torehan 1 menit 39,028 detik. Joan Mir juga mencatat waktu bagus dengan ada di peringkat kedua di sisa waktu sembilan menit.

Franco Morbidelli dan Joan Mir berusaha mematahkan catatan waktu Quartararo namun harus puas berada di posisi kedua dan ketiga.

Francesco 'Pecco' Bagnaia di kualifikasi MotoGP Qatar 2021.Pecco Bagnaia mengalami nasib sial di kualifikasi MotoGP Portugal. (motogp.com)
Setelah kembali dari pit, Quartararo mempertajam catatan waktu menjadi 1 menit 38,862 detik. Jack Miller berupaya mementahkan rekor Quartararo namun ia lagi-lagi harus puas ada di peringkat kedua.

Marc Marquez yang berjuang dari babak kualifikasi pertama baru keluar di lima menit akhir babak kualifikasi. Marquez mampu berada di peringkat ketiga untuk sementara waktu.

Persaingan makin panas di saat akhir usai Johann Zarco mampu menyodok ke posisi kedua. Status Quartararo di posisi pertama akhirnya digusur oleh Pecco Bagnaia.

Bagnaia menorehkan waktu 1 menit 38,494 di saat akhir dan ada di peringkat pertama. Namun di saat akhir catatan waktu Bagnaia dianggap tidak sah lantaran dilakukan saat yellow flag berkibar.

Padahal dengan catatan waktu tersebut, Bagnaia bisa jadi pemilik pole. Namun lantaran catatan tersebut batal, Bagnaia bahkan tidak start di posisi 10 besar.

Balapan MotoGP Portugal bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal
1. Fabio Quartararo 1 menit 38,862 detik
2. Alex Rins +0,089 detik
3. Johann Zarco +0,129 detik
4. Jack Miller +0,199 detik
5. Franco Morbidelli +0,241 detik
6. Marc Marquez +0,259 detik


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT