Manfaat Mengkonsumsi Ceker Ayam bagi Kesehatan

Ahad, 13 September 2020 - 17:17:34 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bagi sebagian orang, mengonsumsi ceker ayam mungkin terdengar menjijikan. Meski begitu, tidak sedikit pula yang menjadikan bagian kaki ayam tersebut sebagai makanan favorit. 

Tidak hanya enak bagi penikmatnya, ceker atau kaki ayam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Seperti mengutip Medical News, Minggu (13/9/2020), berikut ini lima manfaat mengonsumsi ceker untuk kesehatan hingga kecantikan.

1. Kulit Awet muda
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dept of Animal Science di National Chung-Hsing University Taiwan membuktikan ceker ayam tinggi kandungan kolagen. Kolagen sendiri dipercaya dapat menjaga elastisitas kulit, sehingga saat produksi kolagen tubuh menurun kulit akan kendur, kering dan keriput.

Dibanding mengonsumsi suplemen kolagen, ceker ayam murah dan mudah ditemukan, apalagi kolagen pada ceker lebih mudah diserap tubuh dibanding mengonsumsi dalam bentuk suplemen. Penelitian terhadap perempuan berusia 35 hingga 55 tahun yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama delapan minggu dan hasilnya kulit lebih elastis, lembap, dan kulit menjadi lebih halus.

2. Jantung lebih sehat
Tersumbatnya pembuluh darah karena kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah. Mengonsumsi ceker ayam dipercaya ampuh mengatur detak jantung.

Prolin yang terkandung dalam kolagen ceker akan mecah protein untuk meregenerasi dan memperbaiki sel. Bahkan prolin membantu pembuluh darah arteri untuk melepaskan penumpukan lemak yang menyumbat. Ditambah kandungan arginin dalam gelatin pada ceker yang juga dapat mengontrol tekanan darah karena menghasilkan oksida nitrat akan membuat otot di pembuluh darah mengendur dan sirkulasi darah meningkat.

3. Melancarkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Nah arginin dalam gelatin ceker ayam akan mengontrol tekanan darah, karena menghasilkan oksida nitrat akan membuat otot di pembuluh darah mengendur dan sirkulasi darah meningkat.

Prolin seperti yang ada pada ceker sangat penting untuk mencegah pembekuan pembuluh darah. Prolin juga membantu dinding pembuluh darah melepaskan lemak dan mengalir ke darah sehingga penyumbatan berkurang.

4. Menghilangkan stretch mark
Stretch mark terjadi karena kulit menipis dan masalah elastisitas yang berkurang. Biasanya ini juga terjadi karena kulit kekurangan kolagen di lapisan dermal kulit untuk menopang beban janin atau lemak. Nah, kolagen pada ceker ini juga bisa membantu memperbaiki stretch mark di perut dan juga paha, kolagen juga membuat kulit lebih lembab dan lebih kencang sehingga stretch mark tersamarkan

5. Menurunkan berat badan
Kolagen pada ceker adalah sejenis protein alami yang bebas karbohidrat, sehingga masuk dalam kategori makanan sehat untuk diet. Selain itu kolagen juga mengandung asam amino yang bisa menekan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan mudah tercapai.

Dibanding protein lain, protein pada ceker bisa memberikan rasa kenyang yang lebih besar. Belum lagi asam amino yang dikenal dengan glisin terkandung dalam kolagen bisa menstransfer gula ke jaringan untuk meningkatkan perkembangan otot. Sedangkan otot akan membakar jauh lebih banyak kalori daripada lemak, dan massa otot yang lebih besar berarti membakar kalori di tubuh menjadi lebih cepat. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT