Cara Menata Rumah Minimalis Agar Terasa Luas

Selasa, 01 September 2020 - 03:53:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Menata rumah minimalis sempit memang tak mudah ya, Bunda. Jika salah menata dan terlalu banyak barang akan membuat rumah terasa ruwet.

Penataan rumah minimalis tak hanya dari eksteriornya saja, tapi juga harus memikat mata pada bagian interiornya. Meski dibangun dengan kapasitas ruangan yang terbatas, rumah minimalis dapat terlihat luas jika Bunda cermat memilah furnitur yang akan digunakan.

Pisahkan barang-barang yang masih bisa dipakai untuk menghias bagian dalam rumah. Namun, tetap mengacu pada tema sederhana ya, Bunda.

"Minimalis bagi saya adalah menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik," kata Blaustein, dikutip dari Decor.

Nah, berikut 7 cara menata rumah minimalis sempit agar terlihat luas, dilansir Lonny.

1. Furnitur multifungsi
Bunda, jika kamar tidur berukuran sempit, jangan memakai furnitur agar tak terlihat semakin sempit ya. Bunda bisa mencari furnitur yang multifungsi sebagai solusi tepat.

Misalnya, tempat tidur yang di bawahnya dilengkapi dengan laci penyimpanan barang. Jadi, Bunda dapat menaruh barang-barang yang jarang digunakan ke dalam laci bawah tempat tidur.

2. Memilah barang
Dari dulu hingga sekarang, seringkali terjadi kesalahan dalam menata benda dalam ruangan ya, Bunda. Misalnya, menumpuk barang di atas meja. Padahal hal itu justru dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.

Untuk itu, Bunda perlu menatanya kembali dengan memilah barang tersebut berdasarkan tingkat kegunaannya. Artinya, barang yang berada di atas meja adalah barang yang sering Bunda dan keluarga gunakan saja.

3. Kemas barang yang jarang digunakan
Seperti yang Bunda ketahui nih, barang yang berada di atas meja adalah barang yang sering digunakan. Jadi, jangan biarkan barang yang jarang dipakai justru tergeletak di atas meja ya, Bunda.

Bereskan barang yang jarang dipakai dalam satu wadah dan simpan dalam lemari. Sehingga tampak lebih banyak area kosong dalam ruangan rumah minimalis.

4. Beri label
Kalau Bunda berencana untuk mengemas barang yang akan disimpan, beri label dan kelompokkan sesuai dengan jenis dan keperluannya. Jadi, Bunda tak perlu membongkar seluruh perabotan di rumah untuk mencari satu benda ya.

Ajari pula si kecil untuk mulai membereskan barang yang sudah selesai dipakai. Misalnya mainan dikembalikan lagi dalam wadah setelah digunakan.

5. Manfaatkan ruangan
Bunda harus cermat dalam memperhatikan setiap sudut ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan benda dengan efisien. Misalnya, menggantung pakaian atau sepatu di belakang pintu dan menggantung pakaian di sudut dinding kamar.

Jadi tak harus lagi memakan area dalam ruangan rumah minimalis untuk menaruh gantungan baju khusus. Ruangan pun jadi lebih luas.

6. Lemari
Untuk mengatur ruangan kamar rumah minimalis terlihat luas, gunakan lemari yang menempel di dinding atas. Lalu gantungkan pula pakaian di bawahnya ya, Bunda.

Susun pula barang dalam lemari dengan rapi. Tata sedemikian rupa agar memudahkan Bunda dalam mencari barang.

7. Rajin beres-beres rumah minimalis
Rutin membersihkan dan merapikan rumah minimalis menjadi kunci membuat ruangan terasa lebih luas. Saat beres-beres, pilah apakah barang tertentu masih terpakai atau tidak. Catat juga benda apa yang sudah rusak atau dibutuhkan tapi Bunda masih belum punya.

Nah, ketika belanja keperluan rumah tangga baru, sebaiknya ikuti daftar yang sudah Bunda buat. Jangan terlalu banyak membeli barang yang kurang fungsional di rumah minimalis. Sehingga tidak memakan banyak tempat. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT