Mengenal Foundation dan Perbedaannya, Jangan Salah Beli!

Mengenal Foundation dan Perbedaannya, Jangan Salah Beli!

Metroterkini.com - Salah satu tahap penting dalam proses makeup adalah memakai foundation. Untuk mendapatkan hasil makeup maksimal, kamu harus tahu cara memilih warna dan jenis foundation yang tepat.

Foundation yang cocok dapat membuat kulitmu terlihat mulus. Sebaliknya, jika sampai salah pilih, tampilan makeup akan mudah pecah atau tidak merata.

Menyadur dari laman Boldsky, ada beberapa jenis foundation yang tersedia di pasaran seperti foundation cair hingga foundation berbentuk bedak.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut perbedaan dari setiap foundation serta cara memilih foundation berdasarkan jenis kulitmu.

1. Liquid foundation (foundation cair)

Ini adalah jenis foundation yang paling populer dan banyak digunakan. Foundation cair bersifat mudah diratakan, baik dengan beauty blender atau kuas makeup.

Secara umum, foundation cair jauh lebih cocok digunakan untuk jenis kulit kering. Namun, sekarang sudah ada foundation cair yang bisa digunakan kulit berminyak.

Bagi kamu pemilik kulit berminyak, pilih foundation cair yang bersifat water-based. Sementara untuk kulit kering, gunakan foundation cair bersifat oil-based.

2. Pressed powder foundation

Foundation jenis bedak padat ini cocok digunakan bagi kamu yang punya kulit berminyak. Foundation ini juga merupakan salah satu yang populer.

Pressed powder foundation dapat menyerap minyak yang ada di kulit. Namun, jangan menggunakannya berkali-kali karena lapisan foundation yang tebal akan membuat wajahmu terlihat tidak natural.

Jika kamu ingin memilih foundation jenis ini, cari warna yang sedikit lebih muda dari warna kulitmu. Foundation jenis ini dapat memberikan tampilan matte jika digunakan dengan tepat.

3. Loose powder foundation

Foundation satu ini sering juga disebut mineral foundation. Meski tergolong baru, foundation ini cocok digunakan oleh mereka yang punya kulit sensitif.

Loose powder foundation cenderung memberikan tampilan ringan dan lembut di kulit. Untuk menggunakannya, kamu bisa memakai kuas makeup.

Foundation ini juga cocok untuk kulit kering. Poin plusnya, kamu bisa memakai loose powder foundation sebagai pengganti bedak saat melakukan touch up.

4. Cream foundation

Biasanya hadir dalam bentuk stik, jenis foundation satu ini tergolong tahan lama dan dapat membuat kulit tetap terhidrasi. Cream foundation bisa bertahan sampai 10 jam lamanya.

Foundation ini paling cocok diaplikasikan dengan menggunakan beauty blender. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menutupi noda atau kerutan di wajah.

Cream foundation paling cocok digunakan oleh mereka yang punya kulit kering. Foundation ini akan membuat kulit memiliki tampilan matte atau dewy tergantung tipenya.

5. Mousse foundation

Terakhir, ada mousse foundation yang punya tekstur ringan saat dipakai di kulit. Foundation ini punya tampilan mirip whipped cream.

Jenis foundation ini dapat membuat kulitmu tampak lebih mulus. Sayangnya, mousse foundation hanya bertahan 2-3 jam setelah dipakai.

Sisi positifnya, mousse fondation cocok dipakai oleh segala jenis tipe kulit. [***]

Berita Lainnya

Index