Haboh, 114 Pegawai Puskesmas di Kampar Diisolasi

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:17:59 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Masyarakat Kabupaten Kampar sejak Selasa (21/7/2020) malam hingga hari ini, Rabu (22/7/2020) kasus positif Covid-19 di Puskesmas Bangkinang Kota yang terletak di pinggir jalan nasional Riau-Sumbar. Akibatnya 114 tenaga tenaga medis, staf dan karyawan Puskesmas mengikuti proses isolasi mandiri.

Informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, pasien ke-22 adalah Nyonya EY (42) dan disebut sebagai tenaga medis di Puskesmas Bangkinang Kota.

Data pada Selasa kemarin menyebutkan ada tiga pasien positif di Kabupaten Kampar yaitu pasien nomor 20, Ny. EL (51), ke-21 Ny. E (51) dan pasien ke-22 Ny. EY (42). 

Pasien Ny EY, yang juga tenaga medis, tentunya membuat heboh dan membuat seisi Puskemesmas Bangkinang Kota menjalani isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi, Rabu (22/7/2020) menyebutkan, tiga pasien tambahan yang merupakan warga Bangkinang Kota dan masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) ini berhubungan dengan pasien positif ke-15, yakni Tuan R (35) dan mereka pernah melakukan kontak dengan R.

Tuan R ini diketahui positif Covid-19 berawal dari kegiatan rapid test di salah satu institusi tempat bekerjanya Tuan R dan hasilnya reaktif. Kemudian dilakukan swab terhadap R, hasilnya positif. Setelah tuan R, menyusul dua pasien positif lainnya yang juga kontak erat dengan R. Keduanya adalah Tuan S (54) dan Nyonya EM (35).

Namun R yang semula dinyatakan positif dan telah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Pekanbaru akhirnya dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan ke rumahnya.

Tracing terhadap R terus berkembang dan akhirnya korban positif menimpa Ny EY yang sebelumnya juga terlibat dalam kegiatan rapid test di instansi tempat R bekerja tersebut.

Sebagian tenaga medis, staf dan karyawan Puskesmas Bangkinang Kota dibawa ke Stanum dengan menggunakan bus sekolah untuk isolasi.

Dari 114 petugas medis, staf dan karyawan Puskesmas Bangkinang Kota ini, sebanyak 27 orang yang telah diswab hingga Rabu pagi diisolasi di kantor PMI Cabang Kampar. Sementara sisanya diisolasi di Kawasan Stanum, Bangkinang. Sampai hari ini Puskesmas Bangkinang Kota ditutup. 

Hingga Rabu (22/7/2020), total positif Covid-19 menjadi 22 orang. Rinciannya, 7 orang sedang dirawat, 14 sehat dan sudah dipulangkan, 1 orang meninggal dunia. [***]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT