Redakan Stres Saat Pandemi, Makanan Ini Bikin Fresh!

Redakan Stres Saat Pandemi, Makanan Ini Bikin Fresh!

Metroterkini.com - Makanan dapat menentukan tingkat stres karena kandungan di dalamnya. Hal ini bisa mengarah pada kebiasaan makan yang tidak sehat.

Seiring waktu, kebiasaan buruk ini tentu berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Dikutip dari Medical Daily, ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi rasa stres yang diakibatkan pandemi virus corona ini. Antara lain:

1. Probiotik
Stres dan pencernaan sangat berkaitan, dan ketidak seimbangan dalam mikrobioma pencernaan kita dapat berdampak pada imunitas kita.

Hal ini ditentukan dengan kebiasaan makan seseorang yang nantinya akan mempengaruhi mood dan perasaan mereka. Menurut studi, kesehatan pencernaan seseorang berdampak pada kecemasan dan depresi yang mereka alami.

Oleh karena itu, mengonsumsi probiotik sangat penting untuk meredakan stres. Konsumsi makanan probiotik seperti yogurt, kefir, dan kombucha.

2. Ikan
Ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega 3, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan depresi dan kecemasan.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen omega-3 apabila Anda tidak suka mengonsumsi ikan.

3. Alpukat
Mengonsumsi alpukat bisa dilakukan dalam bentuk apa saja, entah dimakan langsung ataupun dijus. Alpukat dapat meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan konsentrasi dan mood.

Buah ini juga dikaitkan dengan menurunkan risiko sindroma metabolik, obesitas, dan tekanan darah tinggi menurut beberapa studi.

4. Dark chocolate
Dark chocolate tanpa kandungan tambahan gula dapat membantu meredakan stres. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang dapat menurunkan produksi hormon stres dalam tubuh.

Cokelat juga membantu mengurangi rasa kesepian, lho.

5. Teh herbal
Meminum secangkir teh herbal hangat memberikan rasa nyaman dan hangat, meredakan stres, dan menurunkan kadar stres. Teh herbal seperti lavender, kayu manis, dan kamomil, memberikan efek relaksasi dengan memberikan efek menenangkan. [***]

Berita Lainnya

Index