Lakukan 3 Rutinitas Ini Agar Kulit Glowing

Lakukan 3 Rutinitas Ini Agar Kulit Glowing

Metroterkini.com - Terinspirasi dari skin look ala perempuan Korea, kulit glowing kini menjadi dambaan banyak perempuan Indonesia. Hal ini diamini dr. Indah Widyasari, SpKK, yang mengatakan bahwa permintaan perempuan yang datang ke klinik kecantikan saat ini bukanlah untuk memutihkan wajah, melainkan membuat kulit lebih glowing.

"Sekarang, orang ingin kalau pakai makeup minimal, tapi kulitnya terlihat sehat. Jadi, glowing skin ini memang merupakan salah satu ciri kulit yang sehat," kata dr. Indah.

Secara harfiah, glowing sendiri berarti bersinar atau bercahaya. Jadi, kulit glowing memang tampilannya cerah, tone warna kulitnya rata, kalau dipegang lembap, halus, kenyal, dan elastis. Kulit glowing juga secara keseluruhan tampilannya akan terlihat lebih awet muda.

Lalu, bisakah kita memiliki kulit glowing? Bisa! Kuncinya, menurut dr. Indah, rutin melakukan perawatan sedini mungkin. "Bahkan sejak remaja sekalipun, perawatan kulit sudah bisa dilakukan," katanya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2020).

Nah, ini dia 5 step yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit glowing, menurut dr. Indah.

1. Membersihkan wajah

Ini adalah step paling dasar yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit glowing. Kulit merupakan organ tubuh yang terletak paling luar. Permukaannya pun sangat luas. Tak heran jika kulitlah yang akan pertama kali terpapar kotoran, polusi, radikal bebas, serta sinar UV yang membahayakan.

Itu sebabnya, penting membersihkan wajah setiap hari, terutama setelah bepergian, dari debu, kotoran, minyak, dan sisa makeup.

2. Menghidrasi kulit

Paparan cuaca ekstrim, polusi udara, dan lainnya bisa merusak kelembapan alami kulit. Jadi, penting mengoleskan pelembap sesuai dengan tipe kulit masing-masing.

Selain melembapkan dari luar, penting juga melembapkan dari dalam dengan cara banyak minum air putih.

3. Proteksi kulit

Radikal bebas adalah musuh utama kulit. Efeknya banyak, mulai dari menimbulkan dark spot, merusak barrier kulit, hingga merusak struktur kolagen yang pada akhirnya dapat memicu penuaan dini. Ini pentingnya rajin merawat kulit, terutama yang sifatnya melindungi.

"Perempuan yang terbiasa mengoleskan sunscreen minimum SPF 30, kondisi kulitnya akan lebih baik daripada mereka yang tidak menggunakan sunscreen sama sekali," papar dr. Indah. Dan sunscreen ini tak hanya mencegah proses aging, tapi juga mencegah risiko kanker kulit.

Nah, selain 3 langkah rutinitas kecantikan di atas, dr. Indah juga mengingatkan untuk tak lupa menjalankan gaya hidup sehat. Misalnya dengan rutin berolahraga.

Olahraga membuat sirkulasi di pembuluh darah juga baik, jadi kulit akan terhidrasi lebih baik juga. Dan jangan lupa tidur yang cukup dan mengelola stres. Jangan anggap remeh stres. Saat stres, hormon stres yang dikeluarkan tubuh bisa berefek ke kesehatan kulit juga.

Berita Lainnya

Index