Suzuki Baleno ala Toyota Dijual Rp 148 Jutaan

Suzuki Baleno ala Toyota Dijual Rp 148 Jutaan

Metroterkini.com - Buah kerjasama antara Toyota dan Suzuki telah terlihat usai Toyota Glanza diluncurkan di India. Wujud Glanza mirip dengan hatchback Baleno keluaran Suzuki. Di India, Glanza dijual mulai Rp 148 jutaan. Meski mengusung platform yang sama, Glanza dan Baleno berbeda. Apa saja bedanya? Simak selengkapnya dalam rangkuman berita otomotif terpopuler sepanjang akhir pekan. 

Toyota Kirloskar Motor selaku pemegang merek Toyota di India akhirnya meluncurkan Toyota Glanza dengan harga mulai dari 722.000 rupee atau sekitar Rp 148 juta. Seperti yang diketahui model ini lahir dari adaptasi mobil Suzuki Baleno sebagai hasil kolaborasi pertama dari kedua perusahaan. 

Untuk membedakannya, seperti dilansir dari indianautosblog, Sabtu (8/6/2019), selain mereknya sendiri dapat dilihat dari grille depan chrome garis tersedia dalam varian G dan V. Dua varian tersebut merupakan turunan dari dua varian Suzuki Baleno, yaitu Zeta dan Alpha.

Lampu depan dan belakang mobil ini sudah menggunakan LED, sementara untuk di depan sudah ditambahkan dengan fitur lampu otomatis Daytime Running Light (DRL). Dalam penjualannya model ini juga sudah disediakan kaca film UV, pelek16 inci kontrol iklim otomatis, sistem infotainment layar sentuh 7,0 inci dengan Apple CarPlay, Android dan Navigasi berbasis smartphone. Toyota Glanza mengadopsi velg berukuran 16 inci. 

Fitur keselamatan Toyota Glanza sudah dilengkapi dual airbag, ABS dengan EBD dan BA, tempat duduk untuk anak-anak berstandar ISOFIX, sensor parkir mundur, kamera parkir mundur, dan sistem pengingat kecepatan.

Toyota Glanza dijual dengan dua opsi mesin BS-VI 1.2 liter untuk bensin empat silinder. Pertama menghasilkan tenaga 61 kW (82,9 PS) dan torsi 113 Nm pada transmisi manual 5 kecepatan atau CVT. Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 21,01 km per liter untuk varian manual (MT) dan 19,56 km per liter untuk varian CVT.

Pilihan kedua mesinnya mampu menyemburkan 66 kW (89,7 PS) dan torsi 113 Nm dengan transmisi manual 5 kecepatan. Mesin mengusung teknologi mild hybrid menghasilkan efisiensi bahan bakar jauh lebih tinggi dengan raihan 23,87 km/l.

2. Suzuki Baleno VS Toyota Glanza, Apa Saja Bedanya?

Dari beberapa mobil kembar yang lahir dari kerjasama dua perusahaan mobil tidak ada mobilnya yang benar-benar persis sama. Begitu juga dengan mobil Toyota Glanza yang mengadopsi model Suzuki Baleno Hatchback. Glaza memiliki sejumlah detail yang membedakannya dengan Baleno. 

Di tampilan luar sangat sulit untuk membedakan antara keduanya karena kedua mobil memiliki tampilan dan dimensi yang sama persis. Sebagian besar elemen visual pada kedua model sama seperti lampu depan LED dengan DRL, lampu kabut bundar, roda alloy diamond cut 16 inci dan lampu belakang LED. 

Mengutip indianautosblog, Sabtu (8/6/2019) satu-satunya hal yang membedakan Glanza dari Baleno adalah grille depan krom 3D dua garisnya. Toyota Glanza ditawarkan hanya dalam lima pilihan warna; Cafe White, Sportin 'Red, Insta Blue, Gaming Grey dan Enticing Silver. Di sisi lain, Maruti Baleno hadir dalam enam warna berbeda; Nexa Blue, Premium Silver, Phoenix Red, Magma Grey, Arctic White dan Fire Red.

Saat masuk ke kabin Glanza, Anda akan melihat tata letak dasbor hampir tidak berbeda dari Baleno. Tentunya dibedakan oleh logo Toyota di sejumlah titik dan itu lah satu-satunya perbedaan antara dua mobil ini. Panel instrumen, konsol tengah, dasbor, roda kemudi, konsol lantai, lapisan kulit dan sebagainya menerapkan desain yang sama. 

Toyota Kirloskar Motor (TKM) telah mengganti nama sistem infotainment dari Baleno SmartPlay Studio menjadi Smart Playcast. The Glanza ditawarkan dalam dua tipe, yaitu G dan V. Baleno, di sisi lain, ditawarkan dalam empat tipe, Sigma, Delta, Zeta dan Alpha. 

Tipe G dan V Glanza merupakan replika dari tipe Zeta dan Alpha. Kedua mobil hadir dengan sejumlah fitur keselamatan, seperti dual airbag, ABS dengan EBD dan BA, kursi anak-anak berstandar ISOFIX, sensor parkir mundur, kamera parkir mundur, dan sistem peringatan batas kecepatan.

Glanza tersedia dengan dua pilihan mesin bensin empat silinder BS-VI 1.2 liter yang diambil langsungdariBaleno. Pilihan pertama menghasilkan 61 kW (82,9 PS) dan torsi 113 Nm yang dapat dikawinkan dengan manual 5 percepatan atauCVT. Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 21,01 km per liter untuk manualnya dan /19,56 km per liter untukCVT.

Pilihan mesin kedua dalam menghasilkan tenaga 66 kW (89,7 PS) dan 113 Nm torsi dipasangkan dengan manual 5 percepatan. Mesin ini memiliki Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-ion dan baterai Lead Acid. 

Elektrifikasi ini memberikan tambahan torsi meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penghematan bahan bakar yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 23,87 km per liter.

Sementara itu Suzuki Baleno juga tersedia dengan dua mesin BS-IV. Pilihan mesin yang pertama adalah mesin diesel 1.3L turbocharged yang menghasilkan 55,2 kW (75 PS) pada 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada 2.000 rpm. Pilihan mesin keduanya adalah mesin bensin 1.0L turbocharged yang menyemburkan 72 kW (97,8 PS) dan torsi 150 Nm pada 1.700-4.500 rpm. 

Keduanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Mesin dieselnya mengkonsumsi bensin 27,39 km per liter, sedangkan mesin bensin 21,1 km per liter. Harga Maruti Baleno mulai dari 550 ribu rupee atau sekitar Rp 114 juta hingga 873 ribu rupee atau sekitar Rp 179 juta. Harga Toyota Glanza lebih mahal daripada Baleno, yakni mulai dari 721 ribu rupee atau sekitar 148 juta hingga 890 ribu rupee atau Rp 183 jutaan. [mer]


 

Berita Lainnya

Index