Menurut Studi, Wanita Belum Menikah Paling Bahagia

Menurut Studi, Wanita Belum Menikah Paling Bahagia

Metroterkini.com - Ada kabar gembira bagi para wanita single yang belum menikah. Sebab menurut studi, wanita belum menikah termasuk kelompok orang paling bahagia.

Melansir dari New York Post, mereka juga lebih mungkin hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang sudah menikah dan membesarkan anak, kata Paul Dolan, profesor ilmu perilaku dari London School of Economics.

"Subkelompok populasi yang paling sehat dan paling bahagia adalah wanita yang belum pernah menikah atau memiliki anak," ujar Paul.

Paul Dolan menganalisis data dari American Time Use Survey (ATUS), menemukan bahwa orang yang menikah mengatakan mereka secara keseluruhan lebih bahagia, tetapi hanya ketika pasangan mereka berada dalam jangkauan.

"Orang yang sudah menikah lebih bahagia daripada subkelompok populasi lainnya, tetapi hanya ketika pasangan mereka ada di ruangan ketika mereka ditanya seberapa bahagia mereka. Ketika pasangan itu tidak ad, mereka sangat sengsara," kata Paul Dolan di Hay Festival di Wales, Minggu (26/05/2019).

Hal itu menunjukkan bahwa penanda tradisional yang digunakan untuk mengukur kesuksesan, yakni menikah dan membesarkan anak tak berkorelasi dengan kebahagiaan.

Menurut Paul Dolan, dalam hal pernikahan, pria lebih diuntungkan. "Pria yang sudah menikah mengambil risiko yang lebih sedikit dan 'tenang' dan karenanya lebih sehat daripada pasangan lajang mereka," ujarnya.

Di sisi lain, wanita tidak melihat manfaat yang sama. Kesehatan wanita sebagian besar tidak terpengaruh oleh perkawinan, tetapi wanita setengah baya yang sudah menikah melaporkan lebih banyak masalah mental dan fisik daripada yang lajang.

Jadi jika kamu termasuk wanita belum menikah, jangan panik, ya! Termasuk orang paling bahagia di dunia, lho. [sua-mer]

Berita Lainnya

Index