Resmikan Tol Pertama di Lampung, Jokowi Naik Truk

Resmikan Tol Pertama di Lampung, Jokowi Naik Truk

Metroterkini.com - Ada saja tingkah aneh dan menarik perhatian dari Presiden Joko Widodo, Minggu (21/1) ia terlihat menaiki truk sebagai tanda peresmian 14 kilometer Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ini adalah tol pertama yang berlaku di Lampung. 

Berdasarkan pantauan, Jokowi duduk sendiri di depan bersebelahan langsung dengan pengemudi truk hijau. Ia menyusuri jalan tol baru itu sekitar 10 menit. 

Ruas tol yang diresmikan adalah sembilan kilometer seksi 1 dari Pelabuhan-IC (inter change) Bakauheni dan lima kilometer seksi 5 dari IC Lematang-IC Kota Baru. Tol ini merupakan bagian dari 140,9 KM Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar.

"Tol ini sudah di tikungan dan sedikit lagi bisa dilihat dan rasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera dan Lampung," kata Jokowi. 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menuturkan, menaiki truk menjadi tanda Jokowi meresmikan tol ini.

Kendati demikian, Jokowi menyatakan tol ini harus segera menyambung ke Palembang sebelum penyelenggaraan Asian Games. 

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan satu dari 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yang dikembangkan Hutama Karya.

Pembangunan ruas tol ini dimulai sejak 2015 yang terbagi menjadi sembilan seksi dan rentan rampung secara keseluruhan pada 2019. 

Pembangunan ini adalah kredit dari Rp8.067 triliun dari tujuh bank itu PT Bank Mandiri Tbk (Persero), PT BNI Tbk (Persero), PT Bank BCA Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, dan Bank ICBC Indonesia. [cnn]

Berita Lainnya

Index