Lima Perempuan Ramaikan Pilkades di Bengkalis

Lima Perempuan Ramaikan Pilkades di Bengkalis

Metroterkini.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2017 di Kabupaten Bengkalis, pagi ini dimulai.

Dari 379 calon kepala desa, 5 orang diantaranya perempuan. 3 berasal dari Kecamatan Bukit Batu, 1 di Kecamatan Bantan dan 1 di Rupat Utara.

"Perkembangan ini cukup baik karena adanya partisipasi dari kaum perempuan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. Peran perempuan sudah menjadi tolok ukur kita di desa, tidak hanya diminati oleh kaum lelaki tetapi juga kaum perempuan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Haji Ismail kepada media ini, Senin (10/7/2017) kemarin.

Ismail menambahkan, "selain ini di dalam keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga banyak diisi kaum perempuan, baik diisi sesuai kuota perempuan maupun bukan".

"Artinya mereka mengikuti pemilihan secara terbuka tidak mengikuti kuotanya. Sebelum Pilkades 2017 ini juga ada sudah ada kepala desa perempuan, tidak bisa dibandingkan dengan yang lalu karena pelaksanaan Pilkades tidak serentak," tambah Ismail.

Ismail mengaku majunya beberapa Cakades Perempuan ini sangat menggembirakan bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Kita berupaya mendorong supaya peran perempuan di desa lebih meningkat. Dinas PMD juga memberikan perhatian yang besar untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan di desa ditingkatkan," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ismail berharap seluruh masyarakat yang desanya menyelenggarakan Pilkades srentak agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

"Datanglah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Berilah hak suara yang memang sangat dibutuhkan desa demi kemajuan desa 5 tahun yang akan datang. Demi pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan sebagainya yang menjadi kebutuhan masyarakat desa," pesan Ismail. [rdi]

Berita Lainnya

Index