Ini Cara Kreatif Edukasi Anak Kelola Uang

Rabu, 11 November 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Menanamkan pengetahuan keuangan sejak sekolah dasar pada anak membantu mereka lebih menghargai uang sejak dini. Tapi dibutuhkan cara kreatif agar anak tertarik mengelola kuangan.

Executive Director Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, Gino Latief Sn menyayangkan pendidikan finansial di Indonesia belum menjadi bagian dari kurikulum SD, padahal pemahaman keuangan sejak dini sangat bermanfaat di masa depan. Untuk itu YMII bangga bermitra dengan Citi Peka dalam program Agen Penny yang menjadi relawan berbagai SD untuk mengedukasi murid mengelola keuagan.

Berikut ini cara kretif Agen Penny mengedukasi siswa-siswi SD mengelola keuangan dilansir okezone:

  • Pertunjukkan teater

Pertunjukann teater untuk anak-anak dengan tema mengelola keuangan secara persuasif mampu mendorong mereka untuk menabung. Setidaknya ini cara paling mudah untuk anak menyerap pesan.

  • Kompetisi menabung

Kompetisi menabung dalam periode tertentu memacu anak giat menyisihkan uang jajan mereka. Siapa yang paling banyak menabung maka dia pemenangnya dan akan mendapat hadiah.

  • Kompetisi membuat celengan

Program ini menggali kreativitas anak dalam memanfaatkan barang bekas menjadi suatu karya yang bernilai manfaat. Lewat celengan hasil kreasi mereka, anak menjadi bangga menggunakan untuk menabung. [okz]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT