Pjs Indra Purnama Laporkan 5 Indikator Capaian Pembangunan Siak

Pjs Indra Purnama Laporkan 5 Indikator Capaian Pembangunan Siak

Metroterkini.com - Pejabat Sementara Bupati Siak Indra Purnama menyampaikan pidato resmi dalam Rapat Paripurna Istimewa hari jadi ke-25 Kabupaten 2024 Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Siak, di gedung Panglima Ghimbam kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak, Sabtu (12/10/2024).

Paripurna istimewa itu, di gelar rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-25 Kabupaten Siak yang bertemakan 'Bersatu Membangun Negeri, Untuk Siak Maju dan Sejahtera'.

Pada kesempatan tersebut, PJs Bupati Indra Purnama menyampaikan ada 5 capaian pembangunan di kabupaten Siak yang ditinjau dari indikator makro diantaranya ;

Pertama: Pertumbuhan Ekonomi naik menjadi 4,35 persen dari tahun sebelumnya sebesar 0,57 persen. Kedua: Mengentaskan Kemiskinan yang tercatat sebelumnya sebesar  5,23 persen dan 0,54 persen miskin ektrem dapat ditekan 0,73 persen dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, ketiga : Membuka lapangan pekerjaan dan menekan angka pengangguran relatif turun seiring adanya kesempatan bekerja dari bermacam sektor pariwisata, pertanian dan industri.

"Ke empat (4) capaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan data statistik tahun 2024 ini, kabupaten Siak mengalami peningkatan dari tahun lalu 75,97 persen tertinggi pertama dari Kabupaten lain se-Provinsi Riau," kata Indra.

Selain itu, Indra juga menyampaikan, peningkatan angka Indek Gini Rasio dari segi kesenjangan dalam bentuk ketimpangan pendapatan berada pada kategori sedang dan hal ini menunjukan masih ada tantangan dalam distribusi pendapatan dan ini pemerintah kabupaten Siak untuk terus berupaya memperkecil kesenjangan ekonomi masyarakat.

Ia juga menjelaskan berkaitan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat terus berupaya menyajikan pembangunan nan berkelanjutan dalam tata kelola pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik terpusat dan terintegrasi mudah diakses oleh masyarakat yang terdapat didalamnya 26 layanan instansi terkait.

"Pelayanan administrasi Kependudukan terus dilakukan dengan membuka 12 layanan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Seiring dengan itu ada Inovasi program Goes to School menyasar pelajar aktif untuk mendapatkan kartu indentitas kependudukan e-KTP," Kata Indra.

Lanjutnya, Pengembangan Smart City upaya menerapkan teknologi dan inovasi tata kelola pemerintahan seperti Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan juga Smart Kampung menuju satu data.

Untuk Bujang Kampung sudah berjalan 112 kampung dan 6 kelurahan di 14 kecamatan dengan total pelayanan 56.533 arsip terlaksana dan boleh dibilang masyarakat sangat meras puas dengan layanan yang diberikan Pemerintah daerah Kabupaten Siak.

"Pertumbuhan Investasi menunjukan angka meningkat pertumbuhan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 10,09 triliyun rupiah, ini lebih tinggi di tahun-tahun sebelumnya, dan selain itu ada pencatatan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 496,92 milyar rupiah," terangnya.

Melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Siak meraih nilai 67,06 dengan predikat B, juga di iringi dengan pengembangan dan pembangunan jaringan internet menyasar kampung-kampung pelosok negeri juga merupakan langkah maju yang signifikan.

Menjamin tersedianya layanan kesehatan juga menyediakan infrastruktur pada daerah-daerah terpencil untuk masyarakat sebagai upaya memberikan pelayanan merata kepada masyarakat dengan di iringi program Universal Health Coverage (UHC) juga telah terlaksana dan berjalan genap 1 tahun.

Pembangunan Sumberdaya Manusia sebagai upaya menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang pendidikan, kesehatan dan menjamin hak anak dengan adanya Angka Partisipasi  Kasar (APK) pada layanan pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan membuka sidang secara resmi terbuka untuk umum dengan ditandainya getok palu sidang 3 kali.

"Kami atas nama pimpinan dan segenap anggota dewan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah bersama-sama berperan aktif dalam membangun dan memajukan Kabupaten Siak yang kita cintai ini," ringkasnya. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index