Risma Resmi Mundur, Menteri PDIP di Kabinet Jokowi Sisa Lima

Risma Resmi Mundur, Menteri PDIP di Kabinet Jokowi Sisa Lima

Metroterkini.com - Kader PDIP yang masih menjadi menteri di kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersisa lima orang setelah Tri Rismaharini (Risma) disetujui pengunduran dirinya dari jabatan menteri sosial (mensos).

Selain Risma, Jokowi juga menyebut Menseskab Pramono Anung sudah mengajukan surat pengunduran diri. Namun, sambung Jokowi, surat pengunduran diri Pramono itu belum dia teken.

"[Pramono Anung mengajukan pengunduran diri sebagai Menseskab] sudah juga, tapi belum saya tanda tangani," kata Jokowi usai meresmikan Fly Over Juanda, Sidoarjo, Jumat (6/9).

Baik Pramono, maupun Risma sama-sama dimajukan PDIP di Pilkada serentak 2024. Pramono diusung PDIP di Pilgub Jakarta, sementara Risma di Pilgub Jatim.

PDIP pernah menjadi partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di kabinet Jokowi. Namun, kursi-kursi menteri itu perlahan dilepas di ujung dua periode masa pemerintahan Jokowi.

Sebelumnya, pada reshuffle kabinet 19 Agustus 2024, Jokowi mencopot kader PDIP Yasonna Laoly dari jabatan menteri hukum dan hak asasi manusia (menkumham). Jokowi menunjuk kader Partai Gerindra Supratman Andi Agtas sebagai penggantinya.

Hari ini, Jokowi merestui pengunduran diri Risma. Perempuan kader PDIP itu mundur karena ingin mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Timur. Posisi Risma digantikan sementara oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Kader PDIP lainnya, Pramono Anung, juga telah mengajukan pengunduran diri dari kabinet Jokowi. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut hal itu karena pengunduran diri Pramono tertanggal 22 September.

"Pada prinsipnya, Presiden akan menyetujui. Beliau menghormati hak politik dari para menteri atau pejabat setingkat menteri untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala daerah," ujar Ari kepada wartawan, Jumat (6/9).

Dengan demikian, saat ini masih ada lima menteri PDIP di kabinet Jokowi. Ada pula seorang kader PDIP yang menduduki kursi wakil menteri. Berikut daftarnya:

-Sekretaris Kabinet Pramono Anung
-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas
-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga
-Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki
-Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo

Jokowi pun membuka opsi  akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet meski masa jabatannya akan berakhir pada Oktober mendatang. Hal itu diutarakannya merespons pertanyaan wartawan terkait pengganti menteri-menteri yang mengundurkan diri.

"Ya bisa (melakukan reshuffle kabinet)," kata Jokowi di Sidoarjo pada Jumat ini.

Selain Risma dan Pramono, kader PDIP lain yakni Hasto Wardoyo juga diberitakan sebelumnya sudah mengajukan mundur dari Kepala BKKBN.

Hasto dicalonkan PDIP untuk maju sebagai Cawalkot Yogyakarta pada Pilkada serentak 2024.[**]

Berita Lainnya

Index