Senin Besok Golkar Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum 2024-2029

Senin Besok Golkar Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum 2024-2029

Metroterkini.com - DPP Partai Golkar akan membuka pendaftaran untuk mengisi calon ketua umum Partai Golkar 2024-2029 pada Senin (19/8) esok mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

"Pembukaan pendaftaran sesuai dengan apa yang sudah disampaikan di mulai besok jam 16.00 sore sampai pukul 22.00 malam," kata Wakil Ketua Umum DPP Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (18/8).

Bamsoet mengatakan kader Golkar yang ingin mendaftar sebagai calon ketua umum harus memenuhi pelbagai kriteria yang ada dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Golkar.

"Tema kita adalah 'Golkar Solid untuk Indonesia Maju," kata dia.

Tak hanya itu, Bamsoet menjelaskan Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Selasa (20/8) pagi sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Rapimnas ini akan dibuka oleh Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ia menjelaskan Rapimnas memiliki agenda pengesahan pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan ketum partai Golkar.

"Kedua pengesahan Plt [Ketum] dan pengesahan jadwal Munas yang akan dilaksanakan pada tanggal yang sama," kata dia.

Setelah Rapimnas rampung, Bamsoet mengatakan Golkar akan langsung menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di JCC, Senayan, Jakarta pada hari yang sama sekitar pukul 15.00 WIB hingga Rabu (21/8).

Nantinya, peserta Munas akan berasal dari para pimpinan daerah Golkar seluruh Indonesia dan dibuka langsung oleh Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Dari 38 provinsi, dan hampir 558 pengurus kabupaten/kota akan kumpul di JCC dan undangan Munas 1.500," kata dia.

Bamsoet menjelaskan jadwal Munas hari kedua atau Rabu (21/8) Partai Golkar akan menetapkan ketum terpilih untuk periode 2024-2029.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Adies Kadir mengungkapkan salah satu syarat mendaftar sebagai ketum Golkar harus membawa minimal surat dukungan dari 30 persen pengurus Golkar tingkat DPD I dan DPD II.

Golkar belakangan ini tengah dilanda gonjang-ganjing usai Airlangga Hartarto mundur dari posisi ketua umum pada Sabtu (10/8) lalu. Kursi kosong ketum Golkar ini untuk sementara diisi oleh pelaksana tugas Agus Gumiwang Kartasasmita. [**]

 

Berita Lainnya

Index