Inhil Kabupaten Pertama di Riau Nikmati Dana Bagi Hasil Sawit

Inhil Kabupaten Pertama di Riau Nikmati Dana Bagi Hasil Sawit

Metroterkini.com - Pj Bupati Kabupaten Indragiri Hilir Riu Herman menyebutkan Kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten pertama se Provinsi Riau yang merealisasikan Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit.

“Hari ini kita melihat secara langsung proses pengerjaan dua paket jalan yang sumber dana nya berasal dari dana bagi hasil sawit,” ucap PJ Herman, saat menghadiri syukuran awal proyek rekonstruksi jalan di Desa Pengalihan, Kecamatan Keritang, Minggu (21/7).

Pengerjaan proyek rekonstruksi jalan ruas Pekan Tua - Pengalihan dengan panjang kilo meter dibagi dalam dua paket pengerjaan yakni paket A dengan nilai 17 M lebih dan paket B senilai 33 M lebih.

Herman mengatakan, Paket A dengan nilai 17 M lebih panjang penanganannya yakni 1,825 km, lebar rigid 5 meter, lebar bahu 0,75 meter kiri, 075 meter kanan.

Paket B, lanjut Herman, Panjang penanganan 3,3 km, lebar rigid 5 meter, Lebar bahu 0,75 meter kiri 0,75 kanan.

Setelah menghadiri syukuran, Pj Herman meninjau secara langsung proses pengerjaan ruas jalan tersebut, Ia berharap pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu.

"Kita berharap pekerjaan jalan ini sebelum jatuh tempo sudah selesai, karena kalau kita liat di lapangan tidak ada halangan yang sangat berarti,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, pada 2025 nanti Pemkab Inhil kembali akan mendapatkan dana bagi hasil sawit dan akan dilanjutkan dengan pekerjaan jalan sepanjang 17 kilo meter menuju Pekan Tua.

“Kalau pekerjaan ini selesai, tahun depan Insya Allah kita akan dapat lagi dana bagi hasil sawit dan akan kita lanjutkan pekerjaan sepanjang 17 KM menuju Pekan Tua,” tutur Herman.

Selain pembangunan jalan sepanjang 5 kilo meter, masyarakat Desa Pengalihan juga mendapatkan jaringan listrik 24 jam.

"Mudah-mudahan sebelum akhir tahun masyarakat di Desa Pengalihan ini dapat menikmati jalan dan listrik selama 24 jam. Kami juga berharap kepada masyarakat disini untuk membantu pemerintah mengawasi pekerjaan jalan ini, laporkan apabila ada yang tidak sesuai,” tambah Herman.

Sebagai bentuk syukur, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pengalihan, Kecamatan Keritang, menggelar syukuran pengerjaan Rekontruksi Jalan Ruas Pekan Tua - Pengalihan. Kepala Desa Pengalihan, Usman, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan PJ Bupati dalam merealisasikan harapan yang ditunggu tunggu masyarakat Desa Pengalihan.

“Atas nama masyarakat Desa Pengalihan kami mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati Inhil, karena berkat doa, dorongan dan dukungannya dapat merealisasikan pembangunan Jalan dan pemasangan listrik gratis kepada warga Desa Pengalihan,” ucapnya. [**]

Berita Lainnya

Index