Tingkatkan Ekonomi Mustahik Bidang Pertanian, BAZNAS Siak dan Provinsi Berkolaborasi

Tingkatkan Ekonomi Mustahik Bidang Pertanian, BAZNAS Siak dan Provinsi Berkolaborasi

Metroterkini.com - Tingkatkan ekonomi mustahik di bidang pertanian, BAZNAS Siak dan Provinsi Riau berkolaborasi dengan BAZNAS Provinsi Riau launching perdana penanaman lumbung pangan adi.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak berkolaborasi dengan BAZNAS Provinsi Riau  melaunching program lumbung pangan di Desa Kemuning Muda Kecamtan Bungaraya, Selasa (11/06/2024).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para mustahik serta menjadi ketahanan pangan nantiknya untuk Provinsi Riau. Program lumbung pangan ini kolaborasi BAZNAS Kabupaten Siak bersama BAZNAS Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Siak.

Pada kegiatan ini turut hadir Ketua BAZNAS Pronvisi Riau H. Masriadi Hasan, Lc., M.Sha berserta rombongan, Ketua BAZNAS Kabupaten Siak H.Samparis Bin Tatan, S.Pd.I , Waka II BAZNAS Kabupaten Siak H. Sukijo, Staff Ahli Bupati Siak  bidang Kemasyarakatan dan SDM  Hj. Susilawati, MM, Kadis Pertanian Irwan Saputra, S.Sos, M.Si, Camat Bungararaya, Penghulu Kampung se-Kecamatan Bungaraya dan para petani lumbung pangan.

Pada kesempatan itu Ketua BAZNAS Siak menyampaikan Pagi hari ini kita bersama berada di lingkungan persawahan salah satu tujuan adalah launching penanaman sawah untuk para mustahik. 

“Alhamdulillah dananya dari BAZNAS Provinsi Riau. Nilai yang diluncurkan BAZNAS Provinsi Riau senilai 276,5 juta rupiah, ini kita gunakan untuk menggarap lumbung pangan padi  yang merupakan kolaborasi Program BAZNAS Provinsi Riau dan BAZNAS Kabupaten Siak. Untuk penerima mustahik 1 musim itu 6 orang  berarti 1 tahun 2 musim, kalau seandainya 3 hektar 1 musim bisa menghasilkan 5 ton saja, berarti 1 musim bisa menghasilkan 15 ton. Kita anggap saja harga gabah 5.000 di kali 15 ton berarti  lebih kurang 75 jt sekali panen dalam 1 musim. Mudah-mudahan harapan kita program lumbung pangan BAZNAS Provinsi Riau dan Kabupaten Siak  ini mendapatkan berkan dan ridho Allah SWT. Semoga dengan program ini bisa membuat terantamnya muzaki dan bahagianya mustahik,” tutupnya.

Ketua BAZNAS Provinsi Riau mengatakan Riau ini memiliki potensi sumber pertanian besar bahkan kita lihat statistik itu nomor dua, sumber dari ekonomi dari Riau itu adalah pertanian. Dengan banyaknya dorongan dari  berbagi pihak  berkolaborasi dengan BAZNAS Siak.

"Alhamudlillah kami bersama-sama bertekad untuk menjadikan pangan ini sebagai basic ekonomi masyakarakat Riau. Kami mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS Siak yang telah bersedia untuk berkolaborasi program ini sehingga di samping kita ini sudah ada 3 hektar untuk penanaman perdana. 
Harapan kami mudah-mudahan launching ini menjadi titik awal dari kebangkitan petani -petani kita di Provinsi Riau untuk mewujudkan ketahanan pangan khususnya di Provinsi Riau," tutupnya.

Staff Ahli Bupati Siak menyampaikan untuk acara launching lumbung pangan di Kabupaten Siak program kolaborasi BAZNAS Provinsi Riau dan BAZNAS Kabupaten Siak yang tentu saja program ini berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Siak dan dinas terkait lainnya.

“Tentu ini adalah kolaborasi yang cukup baik antara BAZNAS kabupaten, BAZNAS Provinsi dan Pemkab Siak. tentunya kami Pemkab Siak menyambut baik program ini dan sangat mendukung program kolaborasi ini. Kami Pemkab Siak mengucapkan apresiasi kepada BAZNAS Provinsi Riau yang telah mengalokasi dana lumbung pangan ini dan ini juga tidak terlepas dari peran dari BAZNAS Kabupaten Siak,” tambahnya.

“Suatu saat nantik insyaallah apa yang kita launching hari ini akan betul-betul menjadi lumbung pangan yang  mampu mengisi pasar –pasar yang di Provinsi Riau,” tutupnya. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index