Tempur dengan Aparat, Pimpinan KKB Abubakar Kogoya Tewas

Tempur dengan Aparat, Pimpinan KKB Abubakar Kogoya Tewas

Metroterkini.com - Kontak tembak antara aparat keamanan gabungan TNI-Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua terjadi di wilayah Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Dua orang dari KKB tewas dalam kontak tembak.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis sore (4/4/2024). Kontak tembak tersebut dipicu oleh bunyi letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura yang mengakibatkan para pendulang non-karyawan atau masyarakat setempat lari ketakutan dan berlari ke arah Utikini.

Merespons situasi tersebut, aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri bersama KOOPS HABEMA merapat ke lokasi dan terjadi kontak tembak.

Pasca-kontak tembak, ditemukan 2 korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satunya Abubakar Kogoya serta sebuah pucuk pistol. Tidak ada korban jiwa dari anggota TNI-Polri.

"Keberhasilan aparat keamanan gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," kata Pangkogabwilhan III, Letjen Richard TH Tampubolon pasca-kontak tembak. [**]

 

Berita Lainnya

Index