Tips Memilih Bantal Tidur yang Berkualitas, Simak Disini!

Tips Memilih Bantal Tidur yang Berkualitas, Simak Disini!

Metroterkini.com - Bantal tidur yang berkualitas akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Di sisi lain, tidur yang berkualitas juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan bantal karena salah memilih bantal justru berakibat pada kenyamanan tidur yang terganggu.

Tidur yang terganggu bisa membuat kegiatan tidur Anda jadi terhambat dan juga berkurang sehingga memberikan efek buruk pada kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai penyakit. Lalu bagaimana cara memilih bantal tidur yang nyaman? 

Memilih Bantal Tidur 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin beli bantal tidur agar tidur lebih nyaman, lebih nyenyak dan juga kualitas tidur meningkat.

1.Sesuaikan dengan Posisi Tidur 

Saat akan beli bantal tidur, maka Anda harus tahu terlebih dahulu posisi tidur yang nyaman untuk dilakukan setiap hari. Misalnya jika Anda biasa tidur telentang maka kriteria bantal sehat yang wajib dipilih adalah tidak terlalu keras atau tidak terlalu tinggi. Karena leher tidak harus naik dan bisa disanggah, serta kepala tetap sejajar dengan punggung serta tulang belakang.

Namun jika Anda memilih untuk tidur tengkurap dalam keseharian, maka bisa pilih bantal yang tipis dan lembut. Gunakan juga bantal tambahan di bawah pinggul untuk mencegah nyeri punggung bawah. Perlu diketahui, bahwa posisi tidur tengkurap memang kurang disarankan namun ada beberapa keadaan di mana Anda harus melakukannya, seperti ketika Luke mengalami luka di bagian punggung. 

Anda yang hobi tidur dengan posisi miring, maka bisa pilih bantal dengan kualitas yang empuk dan juga lentur mengikuti arah miringnya kepala. Ini supaya menjaga kepala lebih tinggi dan tetap sejajar dengan tulang belakang.

2. Perhatikan Isi Bantal 

Berikutnya Anda juga harus perhatikan isi bantal, demi kesehatan saat tidur. Bantal dengan isi busa sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah atau gangguan tidur, karena mengurangi ketegangan pada bagian rahang dan leher. Bantal isi busa biasanya punya kepadatan yang pas untuk kenyamanan. 

Ada juga bantal tidur dengan isi busa memori di mana merupakan jenis busa poliuretan yang dibuat dengan proses khusus. Bahan busa memori ini, bisa menyesuaikan bentuk tubuh ketika Anda bergerak dan menyesuaikan kepala. Kemudian untuk Anda yang suka tidur dengan posisi miring atau telentang. Isi bantal tidur dengan bahan latex yang umumnya memiliki kualitas bagus karena kuat dan tahan terhadap tungau apalagi jamur. Latex juga cocok untuk Anda yang mengalami masalah bagian punggung dan leher.

 Anda juga bisa pilih isi bantal tidur dengan bahan katun yang merupakan bahan alami, jadi tahan terhadap tungau dan jamur namun kekurangan bantal ini adalah cukup keras. Yang terakhir ada bantal dari isian bulu angsa, di mana isian bantal bulu angsa ternyata disebut-sebut paling sehat karena bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak bantal juga lembut dan tidak terlalu padat. 

3. Pertimbangkan Aliran Udara 

Karena Anda sudah tahu apa saja isian bantal yang bagus, maka selanjutnya pertimbangkan bagaimana aliran udara dari bantal tersebut. Saat ini terdapat bantal dengan aliran udara yang tepat ada juga yang tidak. Umumnya semakin padat bantal, maka semakin sulit aliran udaranya sementara bantal yang lentur maka aliran udaranya semakin bagus. 

Di sisi lain, sirkulasi udara yang baik pada bantal akan membuat tidur penggunanya jadi lebih nyaman apalagi Anda yang biasa tidur dalam kondisi hangat. Saat ini ada banyak bantal yang sudah menggunakan teknologi pendingin, sehingga cocok bagi Anda yang suka tidur dalam keadaan dingin. 

4. Kualitas Pelapis Bantal 

Berikutnya perhatikan bagaimana kualitas pelapis bantal. Karena bantal dengan sarung yang kualitasnya bagus, akan membuat bantal tersebut lebih awet. Pelapis bantal yang bagus dilihat dari jahitan yang rapi, bantal yang lurus dan pipih agar mengurangi atau meminimalisir bantal mudah aus pada bagian tepinya.

 Anda juga wajib pilih sarung bantal dengan resleting agar mudah dalam perawatan mulai dari dibersihkan sampai menyesuaikan isi dari bantal.

5. Perhatikan Kebutuhan

Setiap orang pasti punya kebutuhan masing-masing saat akan beli bantal tidur. Bukan hanya soal posisi tidur, namun juga kebiasaan tidur seperti Anda yang umumnya lebih sering tidur mendengkur. Bagi yang punya kebiasaan mendengkur saat tidur, maka bisa gunakan bantal yang bentuknya lebih tebal agar posisi kepala bisa lebih tinggi.

 Sementara untuk Anda yang mengalami nyeri leher maka gunakan bantal yang bisa menopang leher agar ketika bangun tidur bagian leher tidak semakin sakit. Ada juga orang yang punya kulit sensitif dan memiliki alergi, maka sebaiknya pilih bantal dengan jenis hipoallergenik agar tidak memicu alergi kambuh.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih bantal tidur dengan kualitas bagus untuk mempengaruhi kenyamanan tidur dan juga menjaga kesehatan. Bagi yang sedang cari bantal untuk tidur, maka pastikan Anda beli lewat Blibli karena sudah pasti akan menemukan bantal dengan kualitas bagus dari berbagai merek.

 Harga bantal tidur yang ditawarkan juga lebih terjangkau, apalagi jika memanfaatkan promo Blibli mulai dari diskon, voucher belanja sampai cashback ratusan ribu. Belanja hemat di Blibli baik lewat aplikasi maupun website resmi di blibli.com. [***]

Berita Lainnya

Index