Tekan Harga Beras, Presiden Jokowi Perintahkan Hal Ini

Tekan Harga Beras, Presiden Jokowi Perintahkan Hal Ini

Metroterkini.com - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo buka-bukaan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menekan lonjakan harga beras. Apa perintah Jokowi?

Menurut Arief, Jokowi memerintahkan banjiri pasar dengan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Pak Presiden mintanya dibanjiri. Tadi malam juga saya sampaikan bahwa modern market harus dapat, tradisional market juga harus dapat, D1 dipenuhix D2-nya cukup pakai KTP. Yuk kita banjirin semua," ujar Arief di sela kunjungan ke PT Pupuk Kujang di Karawang, Jawa Barat.

Masifnya penyaluran beras melalui operasi pasar yang dilakukan Bulog bisa menekan harga beras. Di sisi lain, Bulog juga terus melanjutkan penugasan impor beras untuk memenuhi stok.

"Stok Bulog sudah masif ke PIBC. Kemudian bantuan pangan 640 ribu ton sudah 120%, sudah 120% loh dipenuhi, coming very soon 600 ribu ton lagi dari 1,5 juta penugasan Pak Presiden," kata Arief.

Arief menambahkan upaya membanjiri pasar dilakukan sembari menunggu produksi pada musim tanam satu (MT I). Ia mengatakan hal ini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan.

"Sambil Pak Dirjen Tanaman Pangan produksi yang banyak. Nanti akan ketemu dimana kita akan bisa menstabilkan harga beras di hilir, tapi tetap memberikan kesejahteraan kepada para petani. Itu nanti akan ketemu," tutur Kepala Badan Pangan Nasional itu.**

Berita Lainnya

Index