Survei Pilpres LSI Deny JA: Paslon Anies-Cak Imin Nyungsep

Survei Pilpres LSI Deny JA: Paslon Anies-Cak Imin Nyungsep

Metroterkini.com - Elektabilitas pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berada di posisi ketiga versi Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Apa respons Muhaimin Iskandar (Cak Imin)?

"Ya ini jadi bahan untuk semakin bekerja, semakin semangat," jelas Cak Imin usai menghadiri acara di Ponpes Darul Falah, Desa Jekulo, Kudus, Senin (2/10/2023).

Cak Imin mengatakan salah satu kerja kerasnya adalah sowan ke sejumlah kiai yang ada di Jateng. Kali ini Cak Imin bersama rombongan hadir pada acara Haul Muallif Dalail Al-Khairat di Ponpes Darul Falah Kudus.

Dalam kesempatan ini, Cak Imin minta doa restu para kiai untuk maju Pilpres 2024. Menurutnya, para kiai memberikan respons bagus untuknya.

"Saya sangat bersyukur di suatu acara banyak ketemu banyak kiai terutama para Habaib, khususnya Habib Umar, Kiai Badawi, intinya saya mohon doa restu, mohon terus menerus diberikan arahan, diberikan bimbingan agar perjalanan saya bersama Mas Anies lancar," jelas Cak Imin.

"Alhamdulillah sambutan mereka positif dan mendoakan saya, yang paling penting menyerukan kepada masyarakat kepada umat untuk bareng-bareng untuk menuju perubahan Indonesia," lanjut dia.

Oleh karena itu, Cak Imin optimistis bisa meraih 10 juta suara di Jawa Tengah. "Targetnya 10 juta, moga-moga terbenahi," ujar Ketum PKB ini.

Survei LSI Denny JA
Dikutip dari detiknews, Lembaga survei LSI Denny JA merilis elektabilitas tiga pasangan capres yang masuk bursa Pilpres 2023. Hasilnya Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei digelar 4-12 September 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dan dilengkapi dengan riset kualitatif dengan margin of error sekitar ±2,9%.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby memaparkan simulasi 3 nama bacapres teratas. Dia mengatakan Prabowo unggul di angka 39,8%, Ganjar Pranowo 37,9% sementara Anies Baswedan 14,5%.

"Jawabannya Pak Prabowo masih perkasa di urutan pertama di angka 39,8%, kemudian disusul Pak Ganjar Pranowo capres dari PDIP dengan angka 37,9%, kita lihat ini selisih tipis ya, tidak terlalu signifikan perbedaannya tapi angka absolut Pak Prabowo masih di atas Pak Ganjar, Pak Anies sendiri di angka di angka 14,5%," kata Adjie dalam pemaparannya, Senin (2/10).

-Prabowo Subianto 39,8%
-Ganjar Pranowo 37,9%
-Anies Baswedan 14,5%

Tidak tahu/tidak jawab 7,8%

Sementara itu, dalam simulasi capres dan cawapres, pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin berada di posisi setelah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi LSI Denny JA:

- Prabowo Subianto-Erick Thohir 39,3%
- Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 36,9%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 13,6%
TT/TJ 10,2%

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 38,5%
- Ganjar Pranowo- Sandiaga Uno 35,6%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14,1%
TT/TJ: 11,8%

- Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto 38,8%
- Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 35,1%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 13,9%
TT/TJ 12,2%

- Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa 38,4%
- Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 35,3%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14%
TT/TJ 12,3%

- Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa 38,7%
- Ganjar Pranowo-Mahfud Md 35,8%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14,4%

TT/TJ 11,1%

 

Berita Lainnya

Index