Pengumuman! Seleksi CPNS Resmi Dibuka September 2023

Pengumuman! Seleksi CPNS Resmi Dibuka September 2023

Metroterkini.com - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka pada September 2023.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce yang mengungkapkan terkait proses seleksi CPNS 2023.

"Saat ini kami finalisasi validasi usulan formasi dari kementerian, lembaga, dan pemda, kemudian penetapan formasi bisa dilakukan pada Agustus. Semoga September pembukaan CPNS bisa dilakukan," katanya kepada Okezone, Senin (31/7/2023).

Sebelumnya, MenpanNRB Abdullah Azwar Anas juga menyebut ada 1.030.751 formasi pada seleksi CPNS 2023.

"Terkait dengan proses CASN/CPNS 2023 kami kemarin sudah laporkan Pak Presiden, nanti rencana di bulan September akan dimulai dan totalnya kurang lebih 1.030.751 orang," ujar Menpan-RB Anas usai kegiatan Rapat Pembahasan Isu-isu Strategis Kementerian PANRB dan Kementerian Dalam Negeri, di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat, 16 Juni 2023.

Formasi yang berjumlah lebih dari 1 juta itu pun terbuka untuk CPNS dan PPPK. Namun, Anas melanjutkan, tahun ini pihaknya memprioritaskan PPPK pada CASN di tahun ini dengan poris sebesar 80%. Sementara 20% sisanya akan diperuntukkan bagi fresh graduate melalui seleksi CPNS.

Ini pun dilakukan untuk menyelesaikan PPPK. Nantinya, terdapat kemungkinan porsi untuk fresh graduate melalui seleksi CPNS dibuka lebih besar bila penyelesaian PPPK sudah dilakukan.

"Kalau nanti tahun depannya lagi PPPK selesai, bisa jadi PPPK 70%, fresh graduate 30%. Sehingga ini menjadi kompromi antara penyelesaian PPPK dengan fresh graduate," pungkasnya. [**]

 

Berita Lainnya

Index