5 Bulan Disandera KKB, Begini Kondisi Terkini Pilot Susi Air

5 Bulan Disandera KKB, Begini Kondisi Terkini Pilot Susi Air

Metroterkini.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkap kondisi terkini pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB Papua. Yudo menyebut Kapten Philip dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah sesuai informasi (kondisi Kapten Philip) sehat," kata Yudo kepada wartawan di Balai Samudra, Jakarta Selatan, Jumat (21/7/2023) melansir detikNews.

Yudo menuturkan upaya pembebasan terhadap pilot asal Selandia Baru itu masih terus dilakukan melalui negosiasi. Yudo juga menjelaskan alasan sengaja tidak melakukan penyerangan dalam upaya pembebasan itu.

"Negosiasi kan selalu saya sampaikan kita tetap negosiasi, negosiasi. Kalau penyerangan yang rugi siapa, kan pasti masyarakat nanti ada yang terkena. Makanya tetap kita kedepankan negosiasi," ungkap Yudo.

Yudo mengatakan tidak ada batas waktu dalam pembebasan Kapten Philip. "Kan negosiasi nggak ada batasnya, kita tunggu sajalah hasilnya ya," kata Yudo.

Yudo juga mengatakan peran TNI adalah menjaga situasi tetap kondusif. Yudo menyampaikan negosiasi diserahkan kepada pemerintah daerah, tokoh adat, serta tokoh agama terlebih dahulu.

"Kita tetap menjaga situasi supaya tetap kondusif di semua kabupaten, semua distrik, kita selalu menjaga dengan Polri, menjaga situasi supaya tetap terkendali, tetap kondusif," jelas Yudo.

"Kita dahulukan tadi dengan mereka dulu. Selalu saya sampaikan, saya dahulukan tokoh agama, tokoh masyarakat," pungkas Yudo.

Sebagai informasi, Kapten Philip disandera sejak 7 Februari 2023 di Nduga, Papua Pegunungan, setelah pesawatnya dibakar KKB. Menjelang Hari Bhayangkara, 1 Juli lalu, beredar kabar dia akan ditembak. **
 

Berita Lainnya

Index