Terjaring OTT, Bupati Meranti Diboyong KPK ke Jakarta

Terjaring OTT, Bupati Meranti Diboyong KPK ke Jakarta

Metroterkini.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil berserta puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, saat operasi tangkap tangan (OTT).

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK dan juga ada pihak swasta," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut Ali, saat ini seluruh pihak yang terjaring OTT dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Informasi sementara, dijadwalkan dari TKP sekitar pukul 10.00 WIB," ujar Ali.

Sebelumnya, KPK membenarkan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, pada Kamis (6/4) malam.

"Benar, tadi malam tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau," ungkap Ali.

Penangkapan Adil dilakukan setelah KPK yang sebelumnya telah mengubek-ubek kantor Pemda Meranti selama 1,5 jam. Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul menyebut sekitar pukul 22.00 WIB penyidik KPK meminta bantuan Polres Meranti untuk menangkap Adil.

"Kita tidak tahu dibawa ke mana. Tapi yang jelas sekitar pukul 22.00 WIB KPK ini minta bantu kita untuk backup," ujar Andi Yul saat dimintai konfirmasi, Jumat (7/4/2023).

Tak lama kemudian, tim KPK mendatangi rumah dinas Bupati Adil. Tim mengamankan Adil dan langsung membawanya ke Pelabuhan Buton menuju ke Pekanbaru.

"1,5 jam sampai Bupati ketangkap. Bupati ketangkap di rumah dinas," kata Andi Yul.

"Diperiksa banyak, cuma saya tahu yang dibawa Pak Bupati saja. Dibawa penyidik pakai kapal Polair ke Buton sekitar pukul 23.30 WIB," katanya. **

 

Berita Lainnya

Index