Ini yang Bikin Istana Presiden di IKN Beda Sama yang di Jakarta

Ini yang Bikin Istana Presiden di IKN Beda Sama yang di Jakarta

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan perbedaan mencolok antara Istana Presiden di ibu kota negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur dengan Istana Kepresidenan di Jakarta. Dia mengungkapkan Istana Kepresidenan di IKN adalah hasil karya otentik dari putra putri terbaik bangsa Indonesia.

Berbeda dengan Istana Kepresidenan yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Istana Kepresidenan di IKN dibangun sendiri oleh masyarakat Indonesia, baik dari desainnya maupun dari pembangunan fisiknya.

"Yang jelas ini dari desain, dari pembuatan, dari pembangunan semuanya oleh kita sendiri, bedanya itu. Semua oleh putra putri bangsa terbaik Indonesia," ungkap Jokowi saat meninjau proyek Istana Kepresidenan di KIPP IKN, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2022).

Jokowi menjamin Istana Kepresidenan dan semua bangunan pemerintahan di IKN Nusantara bakal langsung ditempati pemerintah setelah selesai terbangun.

Menurutnya hal tersebut dapat memicu keramaian di kawasan IKN. Dengan begitu, diharapkan pergerakan ekonomi perlahan-lahan akan berjalan di kawasan IKN Nusantara. Investor pun bisa masuk untuk membangun berbagai sarana dan prasarana, mulai dari sekolah hingga pusat perbelanjaan.

"Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, universitas. Perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu entertainment, hiburan, perlu mal, dan lain-lain," ujar Jokowi.

Jokowi sendiri optimis tahun depan beberapa bangunan pemerintahan sudah selesai dibangun di kawasan IKN. Tak terkecuali bangunan Istana Kepresidenan.

Targetnya, upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 bakal dilaksanakan di IKN Nusantara.

"Saya optimis tahun depan, bulan Agustus insyaallah sudah bisa upacara di sini. Kalau melihat landscape dan lain-lainnya, tadi saya sudah berbicara dengan perancangnya, dengan pelaksana di lapangan, dengan para supervisi di lapangan dengan para manajer di lapangan, optimis insyaallah selesai," tutur Jokowi. [**]

Berita Lainnya

Index