Jokowi Sebut Kebijakan Belanja Produk Dalam Negeri Ditiru AS

Jokowi Sebut Kebijakan Belanja Produk Dalam Negeri Ditiru AS

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia sebagai negara besar kini makin diperhitungkan eksistensinya di dunia. Buktinya, kebijakan yang dilakukan pemerintah Indonesia saat ini mulai diikuti negara maju.

Kebijakan yang dimaksud adalah kewajiban belanja produk dalam negeri yang diberlakukan pada instansi pemerintahan dan BUMN. Menurutnya, di Indonesia kebijakan itu sudah dilaksanakan sejak 2022.

Kini negara maju adidaya macam Amerika Serikat, kata Jokowi, mulai mengikuti kebijakan tersebut. Tepatnya kebijakan tersebut mulai diikuti per Januari 2023 kemarin.

"Amerika juga baru saja berlakukan bulan Januari 2023 lalu untuk penggunaan produk dalam negeri, kita setahun di depan sudah melakukan. Kita ini jadi trendsetter sekarang bukan jadi followers," tegas Jokowi saat memberikan sambutan dalam Pelantikan BPP Hipmi, Senin (20/2/2023).

Tahun kemarin, kebijakan kewajiban belanja produk dalam negeri di Indonesia sudah menghasilkan angka yang cukup besar. Belanja produk dalam negeri yang dilakukan dengan APBN, APBD, hingga kas perusahaan pelat merah totalnya sudah mencapai Rp 762 triliun.

"Besar sekali, ini jadi kesempatan bagi saudara saudara yang miliki produk dengan kualitas yang baik untuk bisa dibeli," kata Jokowi. [**]
 

Berita Lainnya

Index