Gempa Susulan Terjadi di Cianjur Terasa hingga Bogor

Gempa Susulan Terjadi di Cianjur Terasa hingga Bogor

Metroterkini.com - BMKG dalam akun resminya menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 3,1 terjadi di Kota Bogor pada pukul 17.54 WIB. Gempa berpusat di darat, 15 kilometer sebelah barat daya Kota Bogor, Jawa Barat.

Warga Bogor mengaku tidak merasakan getaran gempa pada pukul 17.54 WIB. Warga justru mengaku merasakan getaran gempa sekitar pukul 18.49 WIB yang disebut BMKG merupakan gempa susulan yang terjadi di Cianjur.

"Kembali gempa susulan di Wangunjaya (Tajur, Kota Bogor, red) getarannya cukup terasa, tembok pager juga goyang," kata warga Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor Ismail, Rabu (23/11/2022).

"Wah kalau ada gempa pertama (17.54 WIB), saya nggak ngerasain," tambahnya.

Ismail menyebut, getaran gempa pada pukul 18.49 WIB terasa cukup kuat hingga membuat lampu dan kabel listrik bergoyang-goyang. Beberapa warga juga sempat bergegas keluar dari dalam rumah.

"Di dalam rumah lampu pada goyang, saya keluar lihat kabel PLN juga pada goyang. Iya (panik) sebagian warga ada yang keluar rumah," ucap Ismail.

"Kalau saya lebih kerasa gempa yang kedua, yang jam 18.49 WIB. Nggak tahu ada gempa juga sebelumnya," kata Ismail.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyebut, belum ada laporan kerusakan dampak dari gempa yang terjadi di Kota Bogor maupun gempa susulan di Cianjur.

"Sejauh ini belum ada laporan soal dampak gempa," kata Ketua BPBD Kota Bofor Theo Patricinio Freitas dikonfirmasi wartawan.

BMKG dalam akun resminya menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 3,1 terjadi di Kota Bogor. Gempa berpusat di darat, 15 kilometer sebelah barat daya Kota Bogor, Jawa Barat.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada pukul 17.54 WIB, Rabu (23/11/2022). Titik koordinat gempa berada di 6,69 lintang selatan dan 106,70 bujur timur.

"Pusat gempa berada di darat 15 km Barat Daya Kota Bogor," tulis BMKG melalui akun Twitternya.

Pusat gempa berada di kedalaman 18 km. Gempa ini juga dirasakan dalam skala MMI II di Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Beberapa menit kemudian, BMKG kembali merilis telah terjadi gempa susulan di Cianjur pada pukul 18.48 WIB. Gempa susulan memiliki kekuatan magnitudo (M) 3,5.

"Info Gempa Mag:3.5, 23-Nov-22 18:49:43 WIB, Lok:6.84 LS - 107.06 BT (9 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn: 5 Km, dirasakan Di Ciherang III-IV MMI. Di Sukaresmi III MMI. Di Pacet, Sukabumi, Cipanas II-III MMI," tulis BMKG dalam akun twitternya. [**]
 

Berita Lainnya

Index