Kaki-Kaki Mobil Berbunyi, Cek Kondisi Bushing Sebelum Parah

Kaki-Kaki Mobil Berbunyi, Cek Kondisi Bushing Sebelum Parah

Metroterkini.com - Kasus kaki-kaki mobil yang berbunyi, sering dikeluhkan oleh pemilik. Hal itu biasanya terjadi karena faktor usia atau ada komponen yang berkarat.  Selain itu, bisa juga karena cuma masalah bushing yang pecah. Komponen ini fungsinya menutup bagian ujung shaft. Karena titik tersebut, membutuhkan pelumasan grease untuk mencegah gesekan berlebihan.  

Karena itu, bushing pecah tak bisa dianggap remeh. Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, bushing juga membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari kerusakan komponen utama.  

"Bushing harus diperhatikan, komponen tersebut menahan getaran jalan dan menjaga keseimbangan kinerja kaki-kaki mobil," kata Kempes, Sabtu (19/11/2022).  

Ciri kerusakan yang sering terjadi adalah munculnya suara berisik. Terlebih jika kondisinya terlalu parah, Kempes menjelaskan, bunyi asing tersebut seperti benturan.  Lihat Foto perbaikan Kaki-kaki(Agus Setiawan) Bahkan, jika dibiarkan beberapa waktu kemudian suaranya terdengar semakin keras.  

"Khususnya saat melewati medan yang rusak seperti jalan yang tidak rata atau berlubang, maka suara bising tersebut akan masuk hingga ke dalam kabin mobil," katanya.  

Untuk itu, jika bunyi muncul saat berkendara, Kempes menyarankan, segera memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Hal tersebut agar kerusakan tak menjalar, terutama komponen kerja yang saling berhubungan.  

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, bushing kaki-kaki yang sudah habis atau rusak berpeluang mengganggu handling kendaraan.  

"Ciri-ciri bushing sudah rusak yakni handling akan terasa oleng ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Keretakan bushing disebabkan karena kinerjanya yang terlalu berat, termakan usia, atau terlalu sering melewati jalan rusak," kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, bushing yang sudah tak layak pakai biasanya terlihat dari kondisi karetnya yang sudah getas atau retak-retak.

Seperti diketahui, ada beberapa model bushing, misalnya bushing arm, bushing lower arm, bushing rack power steering dan lainnya.

"Hal itu langsung terasa pada performa suspensi dan steering. Jadi, jika mobil mengalami kasus bantingan tidak nyaman bisa memvonis sumbernya dari bushing yang rusak," tuturnya. [**]

Berita Lainnya

Index