10 Negara dengan Biaya Hidup Terendah, Nomor 1 Indonesia

10 Negara dengan Biaya Hidup Terendah, Nomor 1 Indonesia

Metroterkini.com - Jumlah pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari antara satu negara dengan negara lainnya biasanya akan berbeda-beda. Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat tinggi, namun beberapa negara lainnya memiliki biaya hidup yang sangat rendah.

Biaya hidup adalah uang yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di suatu lokasi. Biaya hidup mencakup dasar-dasar seperti perumahan, bahan makanan, pajak, dan perawatan kesehatan.

Lantas, negara apa saja yang memiliki biaya hidup termurah? Melansir dari situs wealthygorilla, berikut 10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia:

10. Kamboja
Biaya Hidup: US$ 812/Bulan

Di urutan 10 dalam daftar negara termurah untuk tinggal di seluruh dunia adalah Kamboja. Kamboja terletak di pusat Asia Tenggara dan juga dikenal sebagai Kerajaan Kamboja.

Luasnya sekitar 181.035 kilometer persegi dan berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam & Teluk Thailand. Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh dan jumlah penduduknya sekitar enam belas juta orang.

Secara keseluruhan, biaya hidup di Kamboja sangat murah, dengan biaya di bawah US$ 1.000 per bulan. Menyewa apartemen studio satu kamar tidur kecil di salah satu kota termurah di Kamboja, Sihanoukville, akan dikenakan biaya sekitar US$ 246 per bulan. Mata uang di Kamboja disebut "Riel" (KHR), dan sekitar 97,7% dari populasi mempraktikkan agama Buddha.

9. Thailand
Biaya Hidup: US$ 679/Bulan

Thailand adalah negara termurah kesembilan untuk ditinggali di seluruh dunia. Secara resmi disebut Kerajaan Thailand, dan sebelumnya disebut Siam, Thailand adalah negara yang terletak di tengah Asia Tenggara dan memiliki 76 provinsi.

Dengan luas lebih dari 513.120km², Thailand adalah negara terbesar kelima puluh di dunia, dengan total populasi lebih dari enam puluh sembilan juta orang.

Apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah, Udon Thani, akan dikenakan biaya sekitar US$ 199 per bulan. Ibu kota Thailand adalah Bangkok, mata uangnya adalah Baht Thailand dan 94,50% penduduknya beragama Buddha.

8. Malaysia
Biaya Hidup: US$ 588/Bulan

Berikutnya dalam daftar adalah Malaysia, dengan biaya hanya US$ 588 sebulan untuk akomodasi dasar dan biaya hidup. Seperti dua negara sebelumnya, Malaysia juga terletak di Asia Tenggara, dan berbatasan dengan Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal, yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua wilayah. Wilayahnya, Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur, memiliki ukuran yang sama dan luas total Malaysia adalah 330.803 km².

Malaysia memiliki total populasi 31,6 juta orang dan Kuala Lumpur adalah ibu kotanya. Saat memesan akomodasi, kamu akan menghabiskan sekitar US$ 209 per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di salah satu kota termurah, seperti Kota Kinabalu.

7. Meksiko
Biaya Hidup: $587/Bulan

Meksiko dapat ditemukan di bagian paling selatan Amerika Serikat. Selain berbatasan dengan AS, negara ini juga berbatasan dengan Samudra Pasifik, Guatemala, Belize, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko.

Meksiko adalah negara terbesar kelima di Amerika, meliputi kira-kira 2.000.000 km², dan negara bagian terbesar ketiga belas. Negara ini memiliki populasi saat ini lebih dari 129 juta orang dan Mexico City adalah ibukotanya.

83% dari populasi adalah Katolik dan mata uang Meksiko adalah Peso (MXN). Sebulan di apartemen studio satu kamar tidur, di salah satu kota termurah di Meksiko, Queretaro, akan dikenakan biaya sekitar US$ 256 per bulan.

6. Peru
Biaya Hidup: US$ 543/Bulan

Negara termurah keenam di dunia untuk ditinggali adalah Peru. Dengan biaya hidup rata-rata sekitar US$ 543 per bulan, negara berbahasa Spanyol ini layak untuk dicoba jika kamu mencari tempat tinggal yang murah.

Peru adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat Amerika Selatan. Berbatasan dengan, Ekuador, Kolombia, Brasil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik.

Populasinya saat ini adalah 32,17 juta orang, tersebar di area seluas 1.285.216 km². 73,7% dari populasinya adalah Katolik Roma dan mata uang Peru adalah Sol (Pen).

Saat memesan akomodasi, kamu akan menghabiskan sekitar US$ 198 per bulan untuk apartemen satu kamar di pusat kota. Harga ini didasarkan pada kota Arequipa.

5. Argentina
Biaya Hidup: US$ 542/Bulan

Datang di nomor lima dalam daftar kami adalah Argentina. Hanya US$ 542 sebulan bisa mendapatkan akomodasi satu orang dan biaya hidup selama sebulan penuh di salah satu kota termurah di Argentina, Salta.

Argentina adalah negara berbahasa Spanyol lainnya, yang terletak di bagian selatan Amerika Selatan. Berbatasan dengan Chili, Bolivia, Paraguay, Brasil, Uruguay, Samudra Atlantik Selatan, dan Lintasan Drake.


Argentina adalah negara terbesar kedelapan di dunia dan terbesar kedua setelah Brasil, dengan total populasi lebih dari 44 juta orang dan meliputi wilayah daratan 2.780.400 km².

Di negara ini kamu bisa mendapatkan apartemen satu kamar tidur seharga US$ 100 per bulan, atau kira-kira $27 per malam tergantung pada waktu dalam setahun. Ini akan berlokasi di kota Salta.

4. Vietnam
Biaya Hidup: US$ 500/Bulan

Diketahui bahwa kamu hanya memerlukan US$ 500 untuk tinggal selama sebulan penuh di negara ini, karena Vietnam adalah salah satu negara termurah di dunia sejauh ini.

Ini adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina Asia Tenggara dan berbatasan dengan Cina, Laos, dan Kamboja. Vietnam memiliki sekitar 95,5 juta orang yang tinggal di total 331.212 km².

Ibukotanya adalah Hanoi, tetapi kota Ho Chi Minh adalah kota terpadatnya. Saat memilih tempat tinggal di Vietnam, kota termurah, Nah Trang, akan dikenakan biaya sekitar US$ 259 per bulan untuk apartemen satu kamar di kota.

Ada banyak hal murah yang dapat dilakukan untuk membuat kamu sibuk di Vietnam, dan setelah kamu tinggal di sana selama beberapa waktu, seperti kebanyakan tempat dalam daftar, kamu mungkin akan dapat menemukan akomodasi dan aktivitas yang lebih murah lagi.

3. Nepal
Biaya Hidup: US$ 450/Bulan

Memiliki biaya hidup lebih murah dari US$ 500, Nepal adalah negara termurah ketiga untuk ditinggali di seluruh dunia.

Nepal terletak di Asia Tenggara, terutama di Himalaya, tetapi juga mencakup bagian-bagian di Dataran Indo-Gangga. Negara ini memiliki total populasi saat ini 29,3 juta orang yang tinggal di daratan total 147.181km².

Berbatasan dengan Cina dan India, Nepal adalah negara terbesar keempat puluh delapan berdasarkan populasi dan negara terbesar kesembilan puluh tiga di dunia. Dengan US$ 164 akan memberi kamu apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Nepal, Pokhara.

2. Bolivia
Biaya Hidup: US$ 431/Bulan

Bolivia adalah negara yang terkurung daratan, terletak di bagian barat Amerika Selatan. Populasinya saat ini adalah sekitar 11,05 juta orang yang tinggal di area seluas 1.098.581 km².

Ibukota Bolivia adalah Sucre, dan Bolivia terdiri dari masyarakat multietnis, termasuk, Indian Amerika, Afrika, Asia, Eropa, dan Mestizo. Bolivia adalah negara terbesar kelima di Amerika Selatan dan negara terbesar ke-27 di dunia.

Bagi kamu yang berbicara bahasa Spanyol, kamu akan senang mengetahui bahwa bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dan utama Bolivia; namun, ada juga tiga puluh enam bahasa asli lainnya yang digunakan di negara ini.

Apartemen studio satu kamar tidur di La Paz, salah satu kota termurah di Bolivia, akan dikenakan biaya sekitar US$ 145 per bulan.

1. Indonesia
Biaya Hidup: US$ 340/Bulan

Posisi pertama sebagai tempat tinggal termurah di dunia adalah Indonesia. Republik Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik, di Asia Tenggara.

Merupakan rumah bagi sekitar 17.000 pulau, Indonesia adalah negara pulau terbesar di dunia dan memiliki total populasi 264 juta orang yang juga menjadikannya negara terpadat ke-4 di dunia.

Ada tempat-tempat tertentu di Indonesia, seperti Bali dan Jakarta yang biaya hidupnya kurang lebih sebanding dengan kota-kota besar lainnya di seluruh dunia.

Namun, tempat-tempat seperti Senggigi di Lombok dapat memberi kamu akomodasi dan biaya hidup hanya dengan US$ 340 sebulan. Diketahui bahwa kamu hanya perlu membayar sekitar US$ 142 per bulan untuk apartemen studio satu kamar tidur. [**]

Berita Lainnya

Index