Begini Cara UGM Memastikan Keaslian Ijazah Joko Widodo

Begini Cara UGM Memastikan Keaslian Ijazah Joko Widodo

Metroterkini.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) memastikan keaslian ijazah S1 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pihak UGM melakukan serangkaian cara untuk memastikan keaslian ijazah Jokowi itu, dari mengecek dokumen asli hingga membandingkan dengan ijazah alumni lain.

Hal itu disampaikan Rektor UGM Prof Ova Emilia dalam konferensi pers menanggapi isu gugatan terkait keaslian ijazah Jokowi. Dalam jumpa pers ini, Ova didampingi oleh Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta, ahli hukum UGM Andi Sandi Antonius, serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM Arie Sujito.

Ova mengatakan keaslian ijazah salah satunya dicek dengan mencari data dokumentasinya. Ova menyebut ijazah Jokowi masih terdokumentasi dengan baik di UGM.

"Kami UGM tempat di mana Ir Joko Widodo pernah menempuh pendidikan menyampaikan atas data yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik kami meyakini keaslian ijazah Ir Joko Widodo. Yang bersangkutan benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM," kata Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D saat jumpa pers, Selasa (11/10/2022).

Selain itu, pihak UGM membandingkan ijazah Jokowi dengan ijazah alumni lain. Ijazah yang masih dibuat menggunakan tulisan tangan itu dinyatakan seragam dengan ijazah alumni lain.

"Kami sudah mencoba melihat mengenai format ijazah yang diterima Jokowi dengan teman satu angkatan yang lulus bersamaan. Di situ persis formatnya sama, ditulis dengan tulisan tangan halus. Kalau untuk fakultas lain, saya tidak tahu pasti, tapi di Fakultas Kehutanan seragam," terang Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta. [**]
 

Berita Lainnya

Index