Inilah 4 Penyebab Kucing Melihat Manusia Berlama-lama

Inilah 4 Penyebab Kucing Melihat Manusia Berlama-lama

Metroterkini.com - Sama seperti manusia, hewan juga memiliki cara komunikasinya sendiri. Mulai dari mengeluarkan bunyi hingga menggerakkan bagian tubuh. Termasuk kucing, yang juga berkomunikasi dengan beragam cara. Semua pemilik kucing hampir dipastikan pernah merasa terintimidasi dengan tatapan kucing-kucing milik mereka yang seakan tajam dan dilakukan dalam waktu lama.

Apa sebenarnya yang kucing mau ketika mereka menatap kita berlama-lama seperti itu? Apakah mereka lapar dan meminta makan, atau mereka mencari teman bermain?

Dilansir dari PetMD, ada banyak alasan mengapa kucing suka menatap kita berlama-lama. Penyebab kucing menatap kita berlama-lama ini sangat banyak. Untuk mengetahui alasan pastinya, kita harus melihat bahasa tubuh kucing secara keseluruhan, dari ujung mata hingga ujung ekornya.

Ketika kucing menatap kita, Anda sebaiknya memperhatian ekornya. Apakah ekornya berdiri tegak atau santai, atau malah menekuk ke bawah tubuhnya.

Ini berbagai alasan kucing menatap kita:

1. Karena bahagia 
Ketika kucing menatap kita dengan gestur tubuh santai dan sekali-kali mengedipkan matanya perlahan, itu tandanya kucing tengah bahagia dan mereka menyatakan rasa sayangnya ke kita.

2. Tengah marah 
Namun ketika kucing menatap tajam dengan duduk atau berdiri kaku, telinga sedikit turun, pupil mengecil, dan ekor yang mengibas cepat ke kanan dan ke kiri, itu adalah tanda kucing tengah marah dan waspada. Bisa jadi, kucing marah karena ia terganggu privasinya.

Sebaiknya alihkan perhatian kucing agar kemarahannya tak menjadi-jadi. Anda bisa melemparkan mainan agar kucing mau mengejarnya sehingga kemarahannya teralihkan.

3. Ketakutan 
Jika kucing menatap tajam sambil ekornya menekuk ke dalam, atau sambil bersembunyi di balik kardus, itu pertanda kucing tengah merasa takut dan terintimidasi oleh kedatangan kita. Bisa jadi kucing takut karena kita habis melakukan gerakan dan teriakan yang menakutinya. Atau, kucing ketakutan dengan suara-suara dari luar rumah dan dia mengalihkan ketakutannya dengan menatap siapapun yang tengah berdekatan dengan mereka.

4. Tengah minta sesuatu 
Kucing adalah hewan cerdas, ia bisa mempelajari trik apa yang paling bisa menarik perhatian pemiliknya atau manusia-manusia lain di sekelilingnya. Jika dengan menatap sambil berkedip pelan bisa mendapatkan apa yang mereka mau, mereka akan menggunakan terus trik tersebut ketika menginginkan makanan, kudapan, atau teman bermain. Jadi ketika kucing menatap berlama-lama sambil mengedipkan matanya pelan-pelan namun dilakukan secara intens, bisa jadi kucing tengah menuntut makanan kesukaan.

Menatap tajam adalah hal yang kurang sopan di dunia manusia. Tapi di dunia kucing, ini adalah jalan paling mudah untuk berkomunikasi dengan sesama makhluk hidup. [**]

Berita Lainnya

Index