Perpustakaan Keliling Merempan Hulu di Serbu Anak Sekolah.

Perpustakaan Keliling Merempan Hulu di Serbu Anak Sekolah.

Metroterkini.com - Bujang Kampung di Merempan Hulu, Kecamatan Siak, memberikan pelayanan mobil pustaka keliling paling ramai di minati para pelajar. Mereka selain melihat juga membaca buka yang tersusun rapi di rak-rak buku yang ada di mobil.

”Kami dari dinas perpustakaan turut berpartisipasi dalam program bujang kampung, lewat pustaka keliling. Kami mencoba menyuguhkan, buku pelajaran untuk adik-adik pelajar di kampung. Beraneka ragam jenis dan judul buku kami bawa, sambutanya cukup antusias,” ujar Kepala Seksi Minat Baca Dinas perpustakaan dan Arsip kabupaten Siak Anita, di Bujang Kampung, Merempan Hulu, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Jum'at (5/8/2022).

Ia menjelaskan, Dinas Perpustakaan di bujang kampung tidak hanya membawa mobil pustaka keliling namun juga ia juga membimbing warga yang buta aksara untuk belajar membaca sesuai umur mereka.

"Kami hadir selain melayani anak TK,SD,SMP mencari buku pelajaran sekolah, kami juga membimbing warga buta huruf sesuai umur atau tingkatan sekolah, untuk Paud kami memberikan bimbingan cerita," ucapnya.

Ia berharap melalui inovasi yang di berikan dapat membantu menumbuhkan karakter dan minat baca anak. Termasuk membaca agar nantinya bisa mengambil sisi baik dari apa yang mereka baca.

"Dengan membaca anak-anak mengambil sisi terbaik dari apa yang mereka baca. Kemudian literasi budaya untuk mencurahkan pikiran mereka melalui pantun, puisi, karya sastra dan lain-lain, dan kami juga membantu masyarakat yang buta aksara melalui bimbingan membaca,” tutupnya.

Salah seorang siswi Putri kelas V di temui mengatakan senang bisa lihat dan baca buku baru. Ia ingin mencari buku puisi dan pantun untuk di baca.

"Seneng ada pustaka di sini, bisa baca buku dan bertanya dengan bapak dan ibu penjaganya. Kami ramai-ramai kesini bersama kawan,” kata Putri. [ibrahim]

Berita Lainnya

Index